PALEMBANG

Rektor UIN Raden Fatah Apresiasi Mahasiswa Berprestasi melalui Student Awards 2018

BrritaBrita.com,PALEMBANG – Untuk mengapresiasi mahasiswa berprestasi, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang memberlakukan kembali Penganugrahan Student Awards 2018 yang sempat vakum dua tahun lamanya.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof Dr Sirozi, PhD, memberikan instruksi kepada seluruh fakultas di UIN untuk mendata mahasiswa yang telah berhasil meraih juara dalam kurun waktu satu tahun, yaitu dari tahun 2017 hingga tahun 2018.

Sementara itu, Drs Zuhdiyah, MAg selaku Ketua Pelaksana acara sekaligus Wakil Dekan III Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang, dalam laporannya menjelaskan jika acara tersebut merupakan salah satu wujud apresiasi pihak kampus terhadap mahasiswa berprestasi.

“Kita menyiapkan 4 kategori, yaitu kategori akademik/Ilmiah, kategori seni, kategori olahraga dan kategori motivator/inspirator. Jugabpada tahun ini ada penambahan seperti penulisan karya tulis ilmiah,” ungkapnya, Rabu (14/11/18).

Lebih lanjut jelasnya, pihaknya optimistis mahasiswa berprestasi akan mencapai 200 peserta, baik berprestasi di bidang akademik maupun non akademik, baik tingkat Kab/Kota, Provinsi, Nasional dan Internasional.

“Ternyata di luar dugaan, mahasiswa kita yang terdata sampai saat ini sudah mencapai 289 orang, dan kita siapkan medali acrilic beserta piagam untuk mahasisswa yang menjadi juara 1,2,3 untuk Internasional dan Nasional serta juara 1 tingkat Provinsi, selebihnya kita siapkan piagam, seperti juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3 ditingkat Kabupaten/Kota,” bebernya lagi.

Sementara itu, dalam sambutannya, Wakil Rektor III, Rita Antasari mengaku jika dirinya sangat bangga dengan mahasiswa yang mampu meningkatkan prestasi mereka dan mengharumkan nama UIN Raden Fatah.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang harus dilakukan secara berkelanjutan. Setelah dua tahun vakum dan akhirnya kita bisa menjawab pertanyaan orang di luar sana tentang apakah mahasiswa UIN memiliki prestasi, dan Alhamdulillah dengan acara penganugerahan Student Awards 2018 ini kita mampu menjawab pertanyaan tersebut,” akunya.

Ia juga mengatakan jika kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya untuk menaikan akreditasi UIN Raden Fatah Palembang.

“Sebagai salah satu perguruan tinggi yang selalu dinilai oleh badan penilaian akreditasi, maka kami sangat membutuhkan kreativitas mahasiswa. Bayangkan saja, jika satu medali emas mendapat skor 0,5 maka kita kali 50 medali, sudah berapa nilai yang kita dapat. Dan itu tentunya juga akan berdampak bagi berbagai fakultas di UIN sendiri,” imbuhnya.

Rina Antasari dalam sambutannya berpesan kepada seluruh mahasiswa UIN Raden Fatah untuk selalu bijak dalam menghabiskan waktu. Karena waktulah yang membentuk mahasiswa menjadi manusia yang berpotensi dan akhirnya berprestasi.

“Saya berpesan kepada mahasiswa bahwa waktu itu merupakan akses hadir di bidang tertentu baik akademik maupun non akademik, maka anda harus berperan aktif dan mengambil bagian dari ruang hadir tersebut hingga menghasilkan suatu prestasi yang tidak bisa dinilai dalam bentuk apapun,” ujarnya.

Reporter : Siti Umnah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button