INTERNATIONALSYARIAH

Ulama Asal Mesir Pemegang Sanad Qur’an Hadir di Ponpes Al Hikmah

Ulama Asal Mesir Pemegang Sanad Qur’an Hadir Di Ponpes Al Hikmah

BritaBrita.com,Palembang – Guna memotivasi agar anak – anak memuliakan ilmu, Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hikmah menggelar Taklim dan Silahturahmi bersama Syaikh Abdurrahman Mu’nits Al-Laitsi Ulama Asal Mesir yang dilaksanakan di Gedung Belajar Pondok Pesantren Al Hikmah, Kamis (22/8/2019) Jalan S.H Wardoyo Kecamatan Seberang Ulu I.

Seorang syaikh muda yang seluruh hafalan dan Makhorijul Huruf yang dibacanya bersanad langsung kepada Rasulullah sholallahu’alaihi wassalam. Ulama yang juga penulis kitab Subulussalam Fi Tajwidil Khoiril Kalam ini membahas mengenai Makhorijul Huruf dan Talqin Surah Al-Fatihah setelah Sholat Ashar berjamaah.

Kepala Madrasah Ponpes Al Hikmah, Ustaz Rahmad Irwani, SH. MPd mengatakan ada beberapa poin penting menghadirkan Syaikh di Ponpes Al Hikmah, yakni salah satunya bahwa ilmu itu luas dan belajar dari sumbernya.

“Kita meminta keberkahan ilmu dari beliau yg belajar di mesir, mengajari kita bagaimana cara mengucapkan Al Fatiha, memberikan motivasi bagi anak anak bahwasanya ilmu bisa memuliakan kita sama sama, dan menimbulkan motivasi kita untuk belajar Al Qur’an contohnya. Dengan adanya pertemuan ini mudah mudahan pertemuan menjadi keberkahan dan kebaikan kita bersama. Selanjutnya kita juga akan ke tanjung batu di rumah tahfidz belajar yang sama juga.

Sementara itu, Syaikh Abdurrahman Mu’nits Al-Laitsi mengatakan dalam melafadzkan Al Fatiha dan Makhorijul Huruf tidaklah mudah namun jika ada niat lillah, insyaallah Allah akan mempermudah kita mempelajarinya.

Syaikh juga mengajak para peserta ta’lim mengucapkan Makhorijul Huruf dengan membacakan Surah Al-Fatihah bersama. Syaikh mencontohkan terlebih dahulu bacaan surat Al Fatihah kemudian di ikuti oleh peserta ta’lim

“Seperti melafadzkan a’udzhubillahiminasyaitonnirrozim, pada Makhorijul Huruf ‘dza’ di letakkan lidah dan gigi depan dirapatkan,” katanya.

Ia menambahkan bahwasanya wajib bagi semua orang jika mau mempelajari al Qur’an dengab mengawali mempelajari dan mengkaji makhorijul dan sifat huruf.

“Ada lima tempat utama yg harus kita sebut setiap huruf ada 29 huruf di mulai dari hamzah dan ya. Bacaan Qur’an harus ada arabnya, dan harus melalui dasar yang benar. Tidak cukup waktu untuk mempelajari Makhorijul Huruf, kita contohkan pada surat Al Fatiha,” Katanya.

Untuk mencairkan suasana sekaligus menutup ta’lim agar anak – anak lebih termotivasi membaca surah Al Fatiha dengan benar, Syaikh juga memberikan hadiah kepada anak-anak yang bisa dan lancar membaca surah Al-Fatiha.
“Siapa yang boleh baca betul akan syaikh beri hadiah berupa uang 100 ribu Insyaallah dan juga uang ringgit,” Katanya dengan logat melayunya.

Di Akhir Ta’lim, Ust Rahmad Irwani juga mendapatkan kabar dari Syaikh Abdurrahman Mu’nits Al-Laitsi untuk melafadzkan dan dapat mengajarkan Al Fatiha kepada murid.

Setelah Ta-lim di Ponpes Al Hikmah, Syaikh Abdurrahman Mu’nits Al-Laitsi juga akan memberikan materi dan tema yang sama serta sholat magrib bersama di Rumah Tahfizh Al Ikhlas Tanjung Batu Seberang.

Reporter : Tri Jumartini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button