PALEMBANGSUMSEL

Bank Sampah Kartini Operasional Lagi, Warga Dapat Manfaat Ekonomi

BritaBrita.com, Palembang-Setelah sempat vakum, Bank Sampah Kartini yang berada Jalan Puncak Sekuning, Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat 1 beroperasional kembali.

Direktur Bank Sampah Kartini, Eka Elida mengatakan kehadiran Bank Sampah Kartini diharapkan bisa mendorong masyarakat dalam menimbulkan rasa kepeduliannya terhadap sampah.

“Jika sudah timbul rasa kepedulian di hati mereka soal sampah, maka sangat berdampak terhadap lingkungan di sekitar mereka,” katanya usai peresmian Bank Sampah Kartini, Senin (20/4/2020).

Eka menjelaskan, tujuan dibangunnya kembali Bank sampah Kartini ini sebenarnya bukan untuk mencari keuntungan semata.

“Tetapi ini strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat ‘berkawan’ dengan sampah untuk mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah,” ujarnya.

Dalam menjalankan Bank Sampah Kartini ini ,jelas Eka, pihaknya akan melakukan jemput bola ke rumah-rumah untuk mengambil sampah.

“Kami juga berencana akan mengandeng pihak sekolah agar para siswa juga terlibat dalam menabung sampah,” ungkapnya

Sementara itu, Kasi Pengelolaan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang, Indar Tri Sutriantoro mengatakan dalam definisinya, bank sampah ini merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan tapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah. Warga yang menabung juga disebut nasabah, memiliki buku tabungan.

“Sistem menabung bank sampah ini merupakan kegiatan administrasi pencatatan seperti bank konvensional. Warga bisa membawa berbagai jenis sampah mereka seperti botol plastik, gelas, tutup botol, kardus, besi, aluminium, kertas koran, sampah makanan seperti sayuran yang nantinya akan dihargai dengan uang,” katanya

Dengan semakin banyaknya Bank Sampah di Kota Palembang, jelasnya, sangat membantu Pemkot Palembang untuk mengatasi persoalan sampah. Pasalnya, saat ini Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Sukawinatan sudah tidak mencukupi lagi.

“Idealnya Bank Sampah itu 1 kelurahan 1 bank sampah. Kita akan terus mendorong setiap kelurahan untuk membentuk bank sampah” ujar Sutriantoro

Penggagas Bank Sampah Kartini, Arif Paramita mengatakan jika apa yang dilakukan pihaknya ingin membangkitkan kembali semangat hidup bersih di lingkungan masyarakat.

“Kami gerakan kembali Bank Sampah Kartini ini sebagai tempat daur ulang sampah rumah tangga,” katanya.

Sementara itu, Camat Ilir Barat 1, Mufli SS,TP, MH mengatakan pihaknya menginginkan keberadaan Bank Sampah Kartini akan menjadi pilot project sistem penanganan sampah di Kota Palembang.

“Bank Sampah Kartini ini dulu dibawah kelurahan dan sekarang diambil alih Kecamatan Ilir Barat 1 dengan kepengurusan yang baru. Target kita dengan adanya Bank Sampah ini bisa membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang untuk mengatasi persoalan sampah,” katanya.

Reporter : Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button