PALEMBANG

Komplek Perumahan PHDM Indah Kalidoni Terapkan Karantina Mandiri Cegah Covid-19

BritaBrita.com,Palembang – Komplek perumahan PHDM Indah Kalidoni, RW. 01 Kecamatan Kalidoni, Kota Palembang sudah memberlakukan karantina mandiri sebagai upaya pencegahan Covid-19.

Karantina mandiri berlaku semenjak tanggal 19 April 2020. Bahkan sejumlah akses jalan masuk dan keluar perumahan ditutup dan dipasangi spanduk bertuliskan “Kawasan Karantina Mandiri,” (Dilarang Masuk).

Ketua RT 01 Komplek PHDM, Tabrani Ilyas mengatakan siapa saja orang yang akan memasuki area perumahan PHDM, diwajibkan untuk melapor terlebih dahulu kepentingannya ke pos jaga yang berada di RT. 03 RW. 01.

“Kami mewajibkan orang untuk mencuci tangannya dengan sabun terlebih dahulu di tempat yang sudah disediakan untuk menjaga agar 600 Kepala Keluarga (KK) yang ada di komplek PHDM tidak mudah terpapar covid-19,” katanya.

Karantina ini dibuat berdasarkan protokol pemerintah menyangkut kondisi yang ada khususnya di Kecamatan Kalidoni, serta Surat Keputusan Bersama (SKB) antara ketua RW. 01, bersama ketua RT. 04, RT l. 05 dan RT. 42 di Kelurahan Kalidoni.

“Kami sudah sangat peduli, kita sudah dua kali melakukan penyemprotan disinfektan, selain itu kita juga memberikan masker bagi siapa saja yang tidak memakai masker akan diberikan masker secara gratis di pintu masuk komplek PHDM, ,” ucap Tabrani kepada awak media, Rabu (22/4/2020).

Tak hanya itu, pihaknya juga mulai menyarankan bagi warganya untuk selalu menggunakan masker jika akan bepergian keluar rumah, melalui spanduk-spanduk yang dipasang di sekitar komplek untuk mengingatkan warga dalam membantu mencegah penyebaran covid-19 ini.

Sementara itu, Ketua gugus tugas karantina mandiri komplek PHDM Kalidoni, Drs. H. Kamil Nawawi, MM, mengatakan, bahwa dengan adanya pemberlakuan karantina mandiri ini paling tidak memberikan contoh bagi komplek-komplek yang lain.

“Tak lupa kita juga melakukan pengawasan terhadap warga ataupun orang lain yang datang berkunjung ke kompleks PHDM,” katanya.

Pengawasan ini dilakukan guna memantau situasi warga demi keamanan bersama. Untuk itu, diperlukan kerjasama masyarakat dan warga kompleks PHDM untuk bisa melakukan apa yang sudah ditetapkan oleh keputusan kita bersama sehingga kita dapat mencegah penyebaran Covid-19 ini agar tidak masuk ke warga kompleks PHDM.

Reporter : Tri Jumartini Ilyas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button