PALEMBANGSUMSEL

Wajib! Sekolah Harus Terima Anak Usia 7 Tahun

Usia Minimal 5 tahun 6 bulan

BritaBrita.com,Palembang-Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang mewajibkan sekolah untuk menerima anak usia 7 tahun di jenjang Sekolah Dasar (SD). Hal ini sebagai warning jelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020-2021.

Kepala Bidang SD Disdik Kota Palembang, H Bahrin SPd MM mengatakan instruksi tersebut merujuk pada perintah pemberantasan anak putus sekolah.

“PPDB jenjang SD reguler kita buka mulai 1-7 Juli 2020. Dan saya perintahkan kepada semua SD agar wajib menerima calon siswa yang usianya sudah 7 tahun,” tegas Bahrin.

Selanjutnya menurut Bahrin, sekolah bisa menerima anak usia 6 tahun sampai sebelum 7 tahun dan tetap mengikuti prosedur tes dan pendaftaran secara online. PPDB tahun ini menurutnya dilakukan dengan sistem zonasi secara online karena pandemi covid-19.

Bahrin mengatakan sekolah harus menyediakan kuota kursi sebanyak 50 persen untuk zonasi dan sisanya untuk afirmasi dan perpindahan orang tua. Sebagai gambaran untuk zonasi bisa dengan radius 200-600 meter.

“Sekolah boleh menerima siswa lagi jika kurang. Minimal 5 tahun 6 bulan boleh. Tapi usia sebelum itu tidak boleh,” terangnya.

Lebih lanjut Bahrin mengatakan, persyaratan administrasi, orang tua menyiapkan foto copy akte kelahiran,Kartu Tanda Penduduk orang tua/wali calon peserta didik dan kartu keluarga masing-masing 2 lembar, dilegalisasi oleh Kelurahan.

“Seleksi calon peserta didik SD/MI dilakukan secara otomatis dengan sistem PPDB online.Sistem seleksi calon peserta didik SD/MI dalam PPDB online dilakukan dengan memperhitungkan kriteria utama berupa faktor usia dan akses jarak tempuh dari tempat tinggal ke sekolah,” terangnya

“Posko PPDB tetap kami buka, nanti kami atur protokol kesehatan tetap terpenuhi, selain itu ada juga yang bisa menggunakan layanan telepon atau Whatsapp pada SD yang dituju,” pungkasnya.

Reporter : Sugi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button