PALEMBANGSUMSEL

Setahun Buron, Kiting Pelaku Curas Ditembak Polisi

BritaBrita.com,Palembang – Rendy Wijaya alias Kiting (28), pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) warga Jalan Panca Usaha SU I Palembang akhirnya ditangkap Tim Anti Bandit 134 (Tekab) Satreskrim Polrestabes Palembang. Ia terpaksa dihadiahi timah panas karena berusaha melawan saat akan ditangkap.

Kasat Reskrim Polrestabes Palembang AKBP Nuryono melalui Kanit Tekab Iptu Tohirin mengatakan tertangkapnya tersangka yang sudah satu tahun buron ini saat ini berada di Jalan Kapten A Rivai Palembang, Minggu (26/4/2020) sekitar pukul 01.00 WIB.

Kanit mengungkapkan peristiwa Curas yang dilakukan tersangka terjadi pada 9 Juli 2018 lalu di Jalan Kapten A Rivai Lorong Muawanah III Kel. 26 Ilir, Kec. Ilir Barat (IB) I Palembang sekitar pukul 23.30 WIB. Dalam aksi tersebut tersangka beraksi bersama-temannya Rafli Jalalludin Akbar (23) yang sudah tertangkap terlebih dahulu.

Aksi tersangka bersama temannya Rafli ini awalnya lancar. Namun saat akan mencuri motor, keduanya tepergok oleh pemilik rumah.

“Pelaku sempat diteriaki maling dan berhasil ditangkap oleh pemilik rumah Edy Zulfikri (50) bersama anaknya Iwan Africo (30) tapi pelaku menusuk kedua korban dengan senjata tajam (Sajam) jenis pisau dan berhasil kabur,” ujarnya, Minggu (26/4/2020).

Atas kejadian itu korban melaporkan ke Polsek IB. “Dari laporan itulah kita berhasil mengamankan pelaku bersama barang bukti satu bilah sajam jenis pisau bergagang kayu warna hitam dan disarungkan kulit warna coklat serta satu buah Mata Kunci T,” jelasnya.

Ia pun menambahkan sebelum melakukan penangkapan tersebut Polisi terpaksa menembak kaki tersangka karena mencoba kabur saat akan ditangkap petugas.

“Untuk tersangka merupakan buronan dalam perkara percobaan pencurian dengan kekerasan sebagaimana dimaksud dalam pasal 365 KUHP,” ungkapnya.

Sedangkan di tempat terpisah, tersangka Kiting saat diwawancarai wartawan BritaBrita.com mengakui segala perbuatannya.

“Aksi saya kepergok pemilik rumah dan dirinya sempat ditangkap korban bersama anaknya. Melihat saya tertangkap kawan saya Rafli hendak menolong tapi saya malah menusuk korban,” ucapnya.

Reporter : Deni Wahyudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button