PALEMBANGSUMSEL

Di Tengah Pandemi Covid-19, Bandar dan Kurir Narkoba Masih Gencar Beraksi

Polda Sumsel selamatkan 12 ribu jiwa

BritaBrita.com,Palembang – Wabah virus Corona atau Covid-19, tampaknya tak menghentikan langkah para bandar atau kurir narkoba, buktinya masih banyak saja tangkapan yang berhasil diungkap Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel).

Dimana dalam bulan April 2020 anggota Reserse Narkoba Polda Sumsel berhasil meringkus sebelas tersangka dengan barang bukti dua kilogram lebih sabu-sabu dan 468 butir pil ekstasi.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi didampingi Direktur Reserse Narkoba Polda Sumsel Kombes Pol Heri Istu mengatakan sebelas tersangka ini ditangkap dalam kurun waktu sebulan yang dilakukan Ditresnarkoba Polda Sumsel berkolaborasi dengan Direktorat Bea Cukai Sumbagtim.

“Untuk dari sebelas orang tersangka ini diamankan barang bukti sabu seberat dua kilogram lebih dan 468 butir pil ekstasi,” ungkapnya, Rabu (29/4/2020).

Lanjut pihaknya, kesebelas orang tersangka ini menandakan di tengah penyebaran virus Covid 19 justru para bandar, pengedar maupun kurir gencar untuk menjalankan bisnisnya dengan memanfaatkan situasi pandemi.

Ia pun mengaku dengan berhasil mengungkap kasus serta menyita barang bukti sabu seberat dua kilogram lebih dan 468 butir pil ekstasi, setidaknya anggota Reserse Narkoba Polda Sumsel bersama Bea Cukai Sumbagtim berhasil menyelamatkan lebih dari 12 ribu jiwa dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Bisa kita bayangkan jika narkoba ini lolos dari sergapan anggota, 12 ribu jiwa bisa terpapar bahaya narkoba ini. Begitu dahsyatnya bahaya narkoba ini untuk itu dibutuhkan semua lapisan masyarakat untuk memeranginya,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Reserse Narkoba Polda Sumsel Kombes Pol Heri Istu menambahkan kesebelas tersangka ini hasil ungkap kasus Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel dibulan April 2020 dengan tujuh laporan polisi.

“Yang pertama kami ringkus tersangka Gunawan alias Dampek dan Mawi keduanya diringkus dipinggir jalan Desa Purub Kecamatan Penukal, Kabupaten Pali. Berdasarkan informasi dari masyarakat. Anggota melakukan undercover dengan memancing kedua tersangka untuk transaksi pembelian. Dari tangan kedua tersangka kami amankan barang bukti 491 gram sabu,” ucapnya.

Sedangkan di tempat terpisah, tersangka Muchtar Daud alias Muktar dengan barang bukti sabu sabu satu kilogram di Jalan Prof Soepomo Keluraham Pahlawan, Kecamatam Kemuning Minggu 19 April 2020. Tersangka Irwan Batu Bara dan Sinar barang bukti 266 gram sabu sabu diringkus Jalan Jenderal A Yani, Lorong Kampung Baru, Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Lubuk Linggau Utara II, Kota Lubuk Linggau.

Tersangka Apri Diantara dan Soni Saputra barang bukti 101,18 gram sabu sabu diringkus Jalan Abi Kusno Cokrosuyoso, Kelurahan Kemang Agung, Kecamatan Kertapati.

Tersangka Harmoko Saputra barang bukti 100,36 gram sabu sabu diringkus pinggir jalan Gasing, Kecamatan Talang Kelapa Banyuasin dan Tersangka M Yurandas alias Andes barang bukti 100,76 gram sabu-sabu diringkus Jalan Demang Lebar Daun, Kelurahan Demang Lebar Daun, Kecamatan Ilir Barat I depan KFC Demang Lebar Daun.

“Untuk tersangka Muchtar dengan barang bukti sabu satu kilogram ini barang dibawa langsung oleh tersangka dari Aceh Barat dengan menggunakan mobil Avanza tujuan Lampung. Kami menduga ini jaringan baru karena kemasan sabunya berbeda dari yang pernah kami tangkap sebelumnya,” pungkasnya

Reporter : Deni Wahyudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button