PALEMBANGSUMSEL

Gubernur Herman Deru Bagikan APD untuk Petugas Pemakaman

BritaBrita.com,Palembang-Tak hanya bagi tenaga medis, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru (HD) juga membagikan kelengkapan alat pelindung diri (APD) bagi petugas pemakaman agar terlindung saat melakukan tugasnya.

Apalagi saat ini pandemi covid-19 sudah meluas dan menyebabkan beberapa masyarakat di Sumsel meninggal dunia dengan status positif covid-19. Diketahui, hingga 29 April 2020, tercatat ada 4 orang warga Sumsel yang meninggal dunia dengan status positif covid-19.

Gubernur mengatakan, dirinya menilai jasa petugas pemakaman sangat vital. Karena jika tidak menggunakan alat pelindung diri bisa saja akan terpapar juga virus tersebut.

“Hari ini kami memberikan bantuan APD untuk petugas pemakaman yang jasanya juga tidak kalah penting dalam penanganan pandemi covid-19,” katanya,Kamis (30/4/2020).

Bantuan tersebut terdiri dari 8.500 pcs baju hazmat, 170 pcs kacamata google, 425 pasang sepatu boot, 170 pcs face shield, 340 kotak masker bedah, 340 kotak masker KN-95, 340 kotak sarung tangan, 850 botol hand sanitizer, 850 kotak amaropo, 850 kotak hustab, dan 340 liter disinfektan.

Selain itu juga ada 170 buah kantong mayat, 34 pcs pengukur suhu, dan 34 pcs electric spray pump.

“Bantuan ini disalurkan ke MUI di 17 kabupaten/kota di Sumsel. Nantinya MUI inilah yang akan mendistribusikan ke para petugas pemakaman,” ujar HD.

HD mengungkapkan, selain memberikan bantuan APD, dirinya juga meminta agar MUI di 17 kabupaten/kota juga ikut mensosialisasikan kepada masyarakat untuk ikuti protokol kesehatan dari pemerintah. Termasuk anjuran untuk melaksanakan ibadah dirumah.

“Sudah banyak di Sumsel ini masyarakat yang beribadah di rumah, terlebih untuk salat tarawih dan salat jumat. Tapi tidak dipungkiri masih ada yang beribadah di masjid. Kita tidak melarang namun kita imbau agar melakukan ibadah di rumah saja demi memutus penyebaran covid-19,” ungkapnya.

HD berharap agar di Sumsel tidak ditemukan adanya penolakan pemakaman bagi pasien covid-19 ataupun PDP (pasien dalam pemantauan). Karena itu, Gubernur meminta agar MUI juga membantu mengingatkan masyarakat di daerahnya masing-masing.

“Mereka yang meninggal karena covid-19 bukanlah aib. Saya minta agar pengurus MUI di 17 kabupaten/kota di Sumsel ini bisa mengingatkan warganya agar tidak ada aksi penolakan seperti itu,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Sumsel, Iriansyah menambahkan alat pelindung diri ini dikhususkan untuk petugas pemakaman yang juga rentan terpapar covid-19.

“Tujuan pembagian APD ini agar para petugas pemakaman terlindungi saat melakukan tugasnya. Harapan kami agar tidak ada petugas pemakaman yang terpapar covid-19,” katanya.

Reporter : Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button