PALEMBANGSUMSEL

Yusnin: Baru 14 Desa Terima BLT Dana Desa

BritaBrita.com, Palembang-Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Yusnin mengatakan dari 2.853 desa yang ada di Sumsel, baru 14 Desa yang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa.

“14 desa yang sudah mendapat BLT ini langsung menyalurkan BLT kepada penerimanya. Baik secara tunai maupun transfer perbankan,” ujar Yusnin,Senin (4/5/2020).

Adapun 14 desa yang telah menerima BLT ini terdapat di 3 Kabupaten yaitu Ogan Komering Ilir (OKI), Muara Enim (ME) dan Musi Rawas (Mura). Dan tercatat ada 298 KK penerima BLT dengan transfer bank dan 351 KK penerima BLT dengan tunai.

“Total penerima BLT dana desa yang sudah tersalur yaitu 649 KK dimana masing-masing KK menerima Rp600.000. Sehingga total anggaran yang sudah disalurkan sebanyak Rp389.400.000. Berdasarkan data yang kami miliki, di Provinsin Sumsel ada sebanyak 112.535 KK penerima BLT dana desa,” jelasnya

Lebih lanjut diungkapkannya, masih minimnya BLT dana desa yang diterima daerah karena banyaknya pemerintah desa yang belum melengkapi data penerima BLT tersebut. Karena itu, ia meminta agar pemerintah desa dan kabupaten/kota agar segera melengkapi dan mengirimkan data penerima BLT tersebut.

“Ada empat kategori penerima BLT dana desa ini yaitu masuk DTKS belum dapat JPS, belum terdata dalam program bantuan apapun, kehilangan mata pencaharian dan memiliki penyakit menahun atau kronis,” ungkap Yusnin

Yusnin menambahkan, penyaluran BLT dari dana desa ini akan terus berlanjut.

“Tapi kembali saya ingatkan agar pemerintah desa dan pemerintah kabupaten/kota untuk melengkapi persyaratan untuk pencairan BLT dana desa ini,” katanya.

Reporter : Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button