PALEMBANGSUMSEL

Rampok Truk Muatan Susu di Muba, Komplotan Bandit Sadis Asal Lampung Ditembak Tim Jatanras Polda Sumsel

BritaBrita.com,Palembang – Tim Jatanras (Kejahatan dan Kekerasan) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) dipimpin Kanit 4 Subdit III Jatanras Polda Sumsel Kompol Zainuri menembak dua dari empat komplotan perampok sadis truk muatan susu Bear Brand senilai Rp500 juta, Minggu (10/5/2020). Kedua tersangka Muji Rianto (49) dan Dias (30) meringis kesakitan setelah kedua kakinya ditembak polisi.

Aksi komplotan perampok sadis asal Lampung itu menimpa sopir truk B 9131 KEU muatan susu Bear Brand milik PT Indolako Sukabumi, Bogor di Desa Sugi Waras Kecamatan Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) pada 28 April 2020 lalu.

“Perampok mengancam korbannya menggunakan senjata api, setelah korban takut kemudian diikat menggunakan lakban setelah itu korban ini dibuang ke hutan di kawasan Empat Lawang,” ungkap Kompol Zainuri, Senin (11/5/2020).

Sementara itu, tersangka Dias saat diwawancarai membenarkan aksi perampokan yang mereka lakukan. Ia bersama empat temannya dari Lampung ke daerah Sumsel memang berniat untuk merampok. Dan mereka pun membuntuti truk muatan susu tersebut sejak di wilayah Indralaya dengan menggunakan mobil juga.

“Kami pakai mobil sewa yakni Avanza BE 8116 PU,” ujar Tersangka Dias, warga Branti Kecamatan Natar Lampung Selatan.

Setelah mengikuti truk sasaran yang dikendarai korban M. Ali dari Indralaya sampai di lokasi kejadian, para tersangka mulai menghadang truk dan mengancam menggunakan senjata api. Kemudian tersangka memasukan korban ke dalam mobil dalam kondisi dilakban dan membuangnya ke hutan.

“Setelah membuang korban, mobil truk beserta muatan susu langsung dibawa Muji untuk menjual susu Bear Brand. Jadi uang bisa dibagi sama-sama. Kami nekat merampok karena terhimpit ekonomi,” cetusnya.

Adapun susu dijual di Gasing kabupaten, Banyuasin. Susu tersebut ada 44000 dus. Setelah dibeli oleh salah satu toko ditawar Rp 91 juta rupiah.

” Susunya laku tapi orang yang membeli tersebut bayarnya tidak sekaligus tapi nyicil, baru bayar pertama Rp 36 juta sisanya nanti. Kemudian uang tersebut dibagi berempat,” ungkapnya residivis itu saat ditemui di ruang Unit 4 Subdit Jatanras

Di tempat terpisah Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Pol Hisar Siallagan melalui Kasubdit III Jatanras Polda Sumsel Kompol Suryadi mengatakan kedua perampok berhasil ditangkap setelah anggota mendapatkan informasi bahwa para tersangka ada dirumahnya. Mendapatkan informasi tersebut anggota bergerak cepat untuk menangkapnya.

Namun kedua tersangka harus di lumpuhkan dengan timah panas anggota setelah melakukan perlawan saat ditangkap di rumahnya di Lampung Utara.

“Namun dua tersangka berinisial H dan I berhasil melarikan diri. Kami minta tersangka yang masih DPO agar segara menyerahkan diri. Kalau tidak, kami akan melakukan tindakan tegas seperti temannya yang sudah ditangkap,” pungkasnya.

Reporter : Deni Wahyudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button