PALEMBANG

Pemprov Sumsel Monitoring Stabilitas Ketahanan Pangan

BritaBrita.com, Palembang-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) terus melakukan monitoring untuk menjaga stabilitas ketahanan pangan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel, H Nasrun Umar mengatakan selama pandemi Covid-19 ini, pemerintah terus menjaga stabilitas ketahanan pangan di Provinsi Sumsel ini. “Pantauan kita lakukan tiap minggu, “ujarnya saat menghadiri rapat tim ketahanan pangan daerah yang diselenggarakan oleh Kemendagri melalui video conference di Command Center Pemprov Sumsel, Jumat (15/5/2020)

Adapun salah satu upaya yang telah dilakukan Pemprov Sumsel yaitu melakukan analisis ketersediaan bahan pokok secara berkala yaitu per minggu untuk mengetahui bahan pokok tersebut surplus atau minus.
Dan akan disesuaikan pelaporannya menjadi perhari sesuai arahan.

“Pemprov juga melakukan monitoring harga sebagai cerminan ketersediaan dan kemampuan daya beli masyarakat, monitoring stock pada bulog dan distributor,” ujar Nasrun

Nasrun mengungkapkan, pihaknya juga memotivasi dan menginisiasi petani untuk tetap melakukan budi pertanian. Serta menyiapkan APBD untuk bansos melalui dinsos sebesar 24 M.

“Yang Iebih spesifik bahwa dari 11 jenis bahan pokok yang surplus yaitu komoditi beras, jagung, cabe, daging ayam, dan telur. Sedangkan yang minus yaitu komoditi gula, bawang merah dan putih, daging sapi,” ungkapnya.

Ditambahkan, Pemprov Sumsel juga melakukan langkah strategis untuk tetap menjaga peningkatan produktivitas petani antara Iain dengan memberikan bantuan benih dan pupuk di kabupaten/ kota dalam kelompok petani, pembangunan jaringan irigasi pertanian, melakukan program optimalisasi lahan sawah dan meningkatkan Iuas tanam dan produktivitas pertanian.

Sementara itu, Plt Sekjen Kemendagri, Muhammad Hudori, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak Ianjut rates bersama Presiden pada 12 mei lalu, yang disimpulkan bahwa diperlukan semacam satgas ketahanan pangan.

Reporter : Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button