PALEMBANGSUMSEL

Langgar PSBB dan Melawan Petugas, Siap-Siap Sanksi Pidana

BritaBrita.com,Palembang-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang tengah menyiapkan aturan terkait sanksi bagi pelanggar Pembatasan Bersekala Besar (PSBB) yang bakal ditetapkan H+2 Idul Fitri. Meski bersifat edukatif, namun pelanggar yang melawan petugas bisa dikenakan sanksi pidana.

Kepala Bagian Hukum Setda Kota Palembang Allan Gunery mengatakan, dalam penerapan sanksi terhadap pelanggar bersifat administratif seperti peringatan, teguran, penahanan identitas diri dan juga pembubaran kegiatan.

“Tidak menutup kemungkinan jika pelanggar mengandung unsur pidana melanggar pasal 212 KUHP seperti melawan petugas saat diperingatkan langsung kena sanksi pidana,” katanya, Senin (18/5/2020).

Pada penerapan PSBB ini, menurutnya bukan sepenuhnya dilarang tetapi dibatasi. Kecuali aturan yang telah ditetapkan Pemerintah Pusat seperti larangan mudik.

“Seperti aturan berkendara, dalam mobil satu baris kursi berisi satu orang dan angkutan umum berisi hanya 50 persen dari kapasitasnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Palembang Asmadi mengatakan, sanksi hukum terhadap pelanggar PSBB ini bukan yang diutamakan. Hal ini untuk meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan, sehingga percepatan penanganan dapat tercapai melalui hukum lebih persuasif.

“Pidana dilakukan sebagai langkah terakhir. Sejauh ini, sanksi terhadap pelanggaran instruksi wali kota dengan sanksi karantina sudah cukup bagus,” katanya.

Dalam hal ini, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru mengatakan, wali kota Palembang tidak perlu menyiapkan tempat untuk pelanggar PSBB agar isolasi. Karantina bisa dilakukan di Wisma Atlet, Jakabaring selain untuk tempat pasien Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Wisma atlet disiapkan untuk OTG dan untuk sanksi PSBB di wisma atlet. Dari 521 kasus terkonfirmasi, diantaranya 395 OTG, yang sudah sembuh 73,” katanya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button