PALEMBANGSUMSEL

Dijadwalkan Swab Test, Ratusan Pedagang Pasar Kebon Semai Reaktif Covid-19

BritaBrita.com,Palembang-Sebanyak 199 pedagang Pasar Kebon Semai Sekip Palembang telah melakukan rapid test sejak Selasa (26/5/2020). Hasilnya, sebagian besar pedagang terkonfirmasi reaktif Covid-19.

Untuk memastikan positif atau tidaknya, ratusan pedagang tersebut akan dilakukan swab test.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dr Fauziah melalui Juru Bicara, Dinas Yudhi Setiawan mengatakan bahwa rapid test dilakukan karena adanya pedagang di Pasar Kebon Semai terpapar Covid-19 hingga meninggal dunia. Terhadap Rapid Test pedagang tersebut telah selesai dilakukan. “Memang sebagian besar reaktif Covid-19,” jelasnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil rapid test, Selasa (26/5/2020) yang diperiksa ada 19 orang diantaranya perangkat pasar seperti kepala pasar kebon semai, tukang parkir, keamanan dan tenaga kebersihan. “Hasilnya menunjukkan reaktif Covid-19, 1 orang,” katanya.

Rabu (27/5/2020) pemeriksaan kepada 28 pedagang, hasilnya reaktif Covid-19 ada 4 orang. Kamis (28/5/2020) pemeriksaan kepada 88 pedagang, hasilnya reaktif 21 orang. Untuk Jumat (29/5/2020) yang diperiksa 64 orang, reaktif Covid-19 ada 14 orang.

Diketahui, sebagian besar yang melakukan test adalah pedagang. Maka saat ini untuk memutus penyebaran Covid-19, maka dilakukan sterilisasi dan penutupan pasar untuk sementara.

“Hasil rapid test Jumat ini yang reaktif semua pedagang. Secara keseluruhan yang reaktif saya tidak hafal tapi kemungkinan sebagian besar pedagang,” katanya.

Semua yang dinyatakan reaktif Covid-19 diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Kemudian akan dilakukan swab test dalam waktu dekat.

“Sedangkan dijawalkan untuk swab test bagi yang hasilnya reaktif,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Palembang Jaya, A Rizal mengatakan, rapid test sudah selesai, tetapi akan dijadwalkan ulang pada Selasa depan bagi yang belum melakukan tes. Untuk sementara pasar ditutup 10 sampai 14 hari kedepan dan menunggu keputusan Gugus Tugas kapan dibuka kembali.

“Terbaru ini saya belum tahu berapa pedagang yang positif, tapi memang sudah ada,” katanya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button