PALEMBANGSUMSEL

PDAM Tirta Musi Palembang Bakal Dapat Suntikan Dana Ratusan Miliar Rupiah

BritaBrita.com,Palembang-Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang bakal mendapatkan suntikan dana hingga Rp800 miliar dari Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Hal ini terungkap dalam Rapat Paripurna Ke-16 MP III Tahun 2020 tentang laporan panitia khusus I, V, VI dan VII yang membahas Raperda Kota Palembang Tahun 2020 dan persetujuan bersama, Senin (5/10/2020).

Menyikapi dana tersebut, DPRD Kota Palembang meminta penyertaan modal tersebut dipergunakan untuk peningkatan layanan kepada pelanggan.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Kota Palembang, M Ridwan Saiman mengatakan penyertaan modal PDAM Tirta Musi artinya ada penambahan modal dari sebelumnya Rp450 miliar menjadi Rp 800 miliar.

Lihat Juga :  Dapat Penyertaan Modal, PDAM Dinilai Mampu Tambah 16 Ribu Pelanggan Baru

Penambahan yang diberikan ke PDAM sebesar ratusan miliar itu secara bertahap mulai dari 2021.

“Pembahasan awalnya alot karena berkaitan dengan aset dan dana. Tapi kemudian di setujui,” katanya.

Penyertaan modal yang dilakukan secara bertahap mulai 2021 itu, DPRD meminta Wali Kota Palembang agar proses pembangunan dan pengembangan PDAM Tirta Musi dapat berjalan, sebelum habisnya masa jabatan pada 2023.

Ia mengatakan, Pemkot wajib memberikan penyertaan modal daerah sesuai dengan kemampuan daerah hal ini telah tertuang dalam perubahan hasil pembahasan Pansus I DPRD Kota Palembang.

Lihat Juga :  Aktif Gencarkan Operasi Pasar, Harga Beras Tetap Aman

“Selain itu kami juga menyarankan agar segera memasukan BUMD Tirta Musi ke Badan undang-undang agar menjadi Perumda. Dengan begitu PDAM Tirta Musi leluasa lagi untuk meningkatkan kinerja kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, disetujui Raperda tersebut diyakininya akan menjadikan Palembang semakin maju. Pihaknya mengapresiasi atas persetujuan bersama DPRD Kota Palembang terkait beberapa Raperda yang telah diajukan.

“Beberapa raperda sudah disetujui, diantaranya penyertaan modal PDAM. Kami berharap dengan ini akan memperluas dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan,” katanya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button