PALEMBANG

Lapor Wali Kota, Warga Ngeluh Sulit Dapat Air Bersih

BritaBrita.com,Palembang-Keluhan masyarakat Kota Palembang tentang sulitnya akses air bersih PDAM Tirta Musi terutama di kawasan perumahan, telah disampaikan Pengembang Indonesia Sumatera Selatan kepada Wali Kota Palembang.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Palembang Harnojoyo, Rabu (20/1/2021). Ia mengakui jika masih banyak masyarakat Kota Palembang yang kesulitan mendapatkan air bersih. Bahkan, belasan ribu daftar tunggu di PDAM yang harus diselesaikan tahun ini.

“Selain berdiskusi soal pembangunan satu kecamatan satu hektare, keluhan distribusi air ke perumahan yang banyak belum dilakukan, terutama perumahan di pinggiran kota,” katanya.

Harnojoyo mengatakan, produksi air PDAM masih belum mencukupi, maka saat ini tengah meningkatkan produksi air dan ditargetkan 2022 menambah kapasitas air dengan pembangunan Intake yang dilakukan. Terutama dengan pendapatan PDAM di 2020 yang mencapai Rp100 miliar, diharapkan akan memperbaiki pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan dibangunnya intake dengan ratusan liter perdetik di Karang Anyar, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air saat ini,” katanya.

Sebelumnya Direktur Utama PDAM Tirta Musi, Andi Wijaya mengatakan, saat ini daftar tunggu pelanggan baru 15 ribu KK. Pihaknya tidak bisa memastikan berapa lama masa tunggu waiting list.

“Ditarget 2021 ini bisa mulai menyelesaikan daftar tunggu 15 ribu KK. Mereka ini paling banyak di perumahan kawasan Gandus, Tanjung Barangan, Sako, Sukarame,” katanya.

Saat ini saja, produksi air 4000 liter perdetik untuk total 293.874 Sambungan Rumah (SR), masih minus 385 liter perdetik.

“Saat ini sedang melakukan pengembangan untuk produksi air 500 liter perdetik di Karang Anyar, nantinya ini akan menambah kapasitas untuk mencukupi kebutuhan pelanggan,” katanya.

Reporter :Kamayel Ar-Razi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button