INTERNATIONALOLAHRAGA

Bertemu Atlet Judo Asal Israel, Atlet Muslim Ini Pilih Mundur dari Turnamen Olimpiade Tokyo

BritaBrita.com— Mohamed Abdalrasool, atlet Judo Asal Sudan lebih memilih untuk mundur ketimbang harus berhadapan dengan judoka Zionis-Israel, Tohar Butbul pada babak 32 besar cabang olahraga judo kelas 73kg di Nippon Budokan, Jepang.

Mengutip Kantor Berita WAFA, Senin (26/7/2021), aksi yang dilakukan  Abdalrasool bukan kali pertama terjadi, sebelumnya diketahui, pejudo Aljazair Fethi Nourine pun melakukan hal yang sama.

Nourine mengatakan bahwa dukungan politiknya untuk perjuangan Palestina membuatnya enggan sekadar jumpa ataupun bertanding dengan Butbul.

“Kami tidak beruntung dengan hasil drawing. Kami memiliki saingan Israel dan itulah mengapa kami harus mundur. Kami telah membuat keputusan yang tepat,” tutur Amar Benikhlef yang merupakan pelatih judo dari Nourine. Seperti dikutip dari stasiun TV Aljazair

Lihat Juga :  Sukses Juara GEAS Regional Sumsel, SSB Arepo Kesulitan Dana Terbang ke Jakarta

Atas aksi tersebut, Federasi Judo Internasional (IJF) pun memberikan skors kepada Nourine dan pelatihnya. Dan tentunya Abdalrasool hampir bisa dipastikan bakal mendapatkan sanksi serupa.

IJF berpendapat aksi tersebut bertentangan dengan filosofi organisasi Judo. IJF memiliki kebijakan non-diskriminasi yang ketat, mempromosikan solidaritas sebagai prinsip utama, yang diperkuat oleh nilai-nilai judo,” kata IJF dalam pernyataan resminya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button