PALEMBANGSUMSEL

Sebulan Lebih, 50 Rumah di Palembang Terendam Banjir

BritaBrita.com,Palembang – Lebih dari sebulan ini warga di perumahan Griya Mutiara 2, Sukawinatan, Palembang, kebanjiran. Warga mengeluhkan karena tidak ada tindakan lebih lanjut dari pemerintah setempat.

Air menggenangi rumah-rumah warga setinggi betis orang dewasa. Aktifitas warga dipastikan terganggu dan membuat tidak nyaman karena air masuk ke dalam rumah.

Menurut salah seorang warga di RT 93 mengatakan, sudah melaporkan kepada RT juga Lurah, dan Camat. Mereka meminta solusi bagaimana agar air mengalir dan surut. Mereka khawatir air di waduk di sekitar Griya Mutiara dan Buana ini terus meluap dan menenggelamkan rumah-rumah warga.

Lihat Juga :  Lakukan Cara Sahur yang Sehat Ini, Agar Tetap Kuat Berpuasa

“Biasanya banjir sekali lewat, tapi ini lebih dari sebulan terus tergenang dan semakin tinggi airnya,” katanya, Senin (13/12/2021).

Menurut Ketua RT 93 Abdul Wahab mengatakan, pihaknya sudah mendata ada sekitar 39-50 rumah yang tergenang. Banjir memang sering terjadi di kawasan ini. Namun beberapa pekan terakhir tidak kunjung surut.

“Banjir tinggi tidak surut ini baru sebulanan ini, kami sangat khawatir soal keselamatan warga, kami sudah lapor sampai ke Wakil Walikota dan mereka sudah memantau,” katanya.

Menurutnya, beberapa waktu lalu sebelum banjir ada pengerukan di waduk tersebut. Yang menjadi masalah adalah aliran air di Sungai Sedapat yang tertimbun tumpukan sampah di TPA Sukawinatan.

Lihat Juga :  Faktor Kemiskinan dan Kurang Gizi Picu 4.641 Orang Derita Stunting

“Jadi air dari sini tidak mengalir malah melebar ke rumah-rumah warga. Sekarang sedang dilakukan upaya pengerukan di aliran Sungai Sedapat itu,” katanya.

Reporter : Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button