LIFESTYLESEHAT

8 Buah Ini, Jadi Solusi Enak Penderita Darah Rendah

BritaBrita.com,Palembang – Seseorang dapat dipastikan menderita tekanan darah rendah ketika kondisi darah berada di bawah 90/60 mmHg. Hal ini dapat disebabkan kekurangan cairan di dalam tubuh atau mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Dikutip dari laman Halodoc.com, penyebab seseorang dapat mengalami tekanan darah rendah adalah tubuh yang kekurangan asam folat dan vitamin B12.

Hal ini juga merupakan faktor risiko yang dapat menyebabkan anemia terjadi. Maka dari itu, kamu harus mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung asam folat dan vitamin B12, yang biasanya terkandung dalam buah.

Terdapat beberapa cara yang ampuh dan merupakan solusi enak untuk mengembalikan tekanan darah kembali normal yaitu dengan mengkonsumsi buah.

Founder dr. Ferihana Medika dalam akun Instagram @dr.ferihana.klinikgratisdhuafa menjelaskan apa saja buah yang efektif untuk mengatasi tekanan darah rendah pada tubuh. Berikut beberapa buah tersebut.

1. Semangka
Kandungan air dalam satu buah semangka bisa mencapai 92 persen. Kandungan air yang banyak ini dapat membantu tubuh dalam meningkatkan tekanan darah.

2. Pisang
Pisang mengandung asam folat, Vitamin B6, dan juga Potasium yang dapat membantu untuk mengontrol tekanan darah. Kandungan Karbohidrate dalam pisang juga bisa mengatasi rasa lemas yang diakibatkan tekanan darah yang rendah.

3. Buah Bit
Buah Bit dapat digunakan sebagai penambah darah, selain itu buah bit juga dapat membantu anda dalam mengontrol tekanan darah. Setiap 100 gram biah bit mengandung Natrium sebesar 36 mg dan Kalium sebesar 330 mg.

4. Citrus
Biah citrus, seperti jeruk dan lemon memiliki kadar air dan asam yang dapat membangun energi dalam tubuh untuk pasien tekanan darah rendah.

5. Delima
Merupakan salah satu buah yang mengandung Vitamin dan juga antioksidan yang bisa membantu tubuh dalam mengontrol tekanan darah, dapat juga mengembalikan tekanan darah menjadi normal.

6. Alpukat
Setengah daei alpukat mengandung sekitar 82 mg folat atau sebesar 21% dari asupan folat yanh dibutuhkan tubuh setiap hari. Sehingga alpukat menkadi salah satu buah yang baik untuk menaikkan tensi.

7. Kurma
Kurma kaya zat besi. Makanan ini baik u tum penderita tekanan darah rendah dan juga baik untuk menjaga kesehatan jantung

8. Buah Olahan
Buah-buahan yang diolah mempunyai kadar natrium yang cukup tinggi. Beberapa contoh buah-buahan yang diolah adalah buah kering (seperti kismis), buah yang dibuat keripik dan lain-lain.

Reporter: Tri Jumartini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button