Uncategorized

Begini Cara Mengatasi Dampak Hujan Lebat

BritaBrita.com,Palembang — Cuaca hujan yang tinggi menjadi salah satu faktor utama terjadinya banjir. Jika hal ini terjadi maka banjir tidak dapat dihindari dan berikut adalah dampak buruk yang dapat terjadi menurut Badan

Menurut Kepala Stasiun Klimatologi Sumatera Selatan, Wandayantolis, dampak yang diprakirakan terjadi seperti sulit mengendarai kendaraan di jalanan. Ada sebagian kelompok masyarakat terisolir, mulai terjadi kerusakan pada rumah dan bangunan lainnya.

Tak hanya itu juga, Sebagian masyarakat kehilangan mata pencaharian dan hewan ternak, Jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi,Gangguan lalu lintas karena jalan utama banjir atau ditutup, Mulai terjadi kerusakan pada jalan dan jembatan, Gangguan skala sedang dan jangka menengah pada layanan air bersih/minum, listrik dan gas, Gangguan skala sedang dan jangka menengah pada operasional sekolah dan rumah sakit.

Lihat Juga :  Christian Gonzales Superior, Borong 5 Gol. Arema Ke Final, Semen Padang Terjungkal

Mulai terjadi kerusakan pada tanggul-tanggul sungai, Terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah, Mulai terjadi wabah penyakit menular.

“Masih banyak lagi dampak yang terjadi, Volume aliran sungai meningkat/banjir, terjadi kerusakan pada sebagian tanaman, terjadi pendangkalan pada sungai dan bendungan hingga tidak berfungsi, terjadi aliran puing, lahar atau lumpur dalam skala menengah, Penerbangan pesawat dibatalkan atau ditunda, Perjalanan kereta dibatalkan, Gangguan pada kegiatan di pelabuhan (kapal, perikanan),terjadi genangan air di daerah pesisir atau dataran rendah dalam skala menengah, Aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah,”katanya, Kamis (3/2/2022).

Lihat Juga :  Penyandang Dana ISIS Harry Kuncoro Murid Abu Bakar Baasyir

Namun, hal tersebut dapat kita minimalisirkan agar tidak terjadi semakin parah. Adapun hal yang dapat dilakukan seperti menjaga tetap tenang dan waspada terhadap bencana sekitar, Berbagi dan bertukar informasi dengan tetangga sekitar rumah, Berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah.

Ia mengatakan, kita juga harus peka dan memperbarui informasi melalui media massa maupun media sosial serta mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan.

“Usahakan untuk tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan, Mengamankan dokumen-dokumen penting dan pastikan barang-barang agar aman dari bencana,”katanya saat diwawancarai melalui telepon.

Reporter : Tri Jumartini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button