NASIONALNEWS FOTO

Kartu Nikah Kembali Beredar, Kali Ini Dengan Tampilan 4 Kolom Foto Istri, Ini Penjelasan Kemenag..!

BritaBrita.com,Jakarta,— Kementerian Agama melalui Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Setjen Kemenag Akhmad Fauzin memastikan bahwa kartunikah yang menyantumkan foto lelaki berjas dan mengenakan peci hitam pada tampilan depan dengan tulisan Kementrian Agama (Kemenag), bukan ditulis Kementerian Agama berlatar belakang  empat kolom untuk foto istri adalah hoaks.

” itu bukan format resmi yang diterbitkan oleh Kementerian Agama, alias hoaks apalagi  dengan foto suami dan empat kolom foto istri itu jelas hoaks, ” kata Akhmad Fauzin , Selasa (7/6/2022).

Ia menyebut sebelumnya  sejak Agustus 2021 Kemenag  sudah tidak menerbitkan kartu nikah secara fisik. Pasangan pengantin yang menikah sejak bulan itu, mendapatkan kartu nikah digital.

Lihat Juga :  Ikhlas

“Kartu Nikah Digital terbitan Kemenag menampilkan foto pasangan suami dan istri pada halaman depan, disertai keterangan nama suami, nama istri, serta tanggal akad nikah,” jelasnya.

“Bagian atas kartu tertulis lengkap nama Kementerian Agama Republik Indonesia yang diapit gambar Garuda dan Logo Kementerian Agama. Sementara pada bagian bawah, ada keterangan KUA tempat menikah, nomor akta, serta barcode yang akan terhubung dengan data server Bimas Islam. Data lengkap pasangan pengantin ini bisa dibaca melalui scan barcode,” tambahnya seraya menjelaskan jika informasi detail lengkapnya bisa diakses dilaman https://simkah.kemenag.go.id/ atau klik SimkahWeb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button