PALEMBANGSUMSEL

Bentuk Ka’bah Seperti di Mekkah, Satu dari Berbagai Fasilitas untuk Calon Jamaah Haji Sumsel

BritaBrita.com, Palembang – Dalam melayani para jamaah haji, Salah satu hal yang perlu dipastikan dalam memberangkatkan jemaah pada musim haji 1443H / 2022 M merupakan fasilitas dan kenyamanan yang ada di Asrama Haji Palembang.

Salah satu fasilitas asrama haji yang menunjang para Calon Jamaah Haji (CJH) Sumsel memiliki replika Ka’bah yang dibuat mirip seperti aslinya di Mekkah. Ukuran yang sama persis hingga lantai semen yang dicat berwarna putih tampak mirip dari kejauhan seperti di Mekkah.

Sejumlah fasilitas di asrama Haji Palembang pun telah dipersiapkan dengan matang dan sebaik mungkin dalam menyambut calon jamaah haji agar tetap memberikan pelayanan yang nyaman bagi para calon jamaah haji Sumsel.

“Para jamaah calon haji tidak perlu khawatir, karena kita telah siapkan dengan matang keberangkatan haji ini, meskipun embarkasi palembang sudah 2 tahun vakum, kita lakukan pembenahan agar saat jamaah menginap dan manasik haji di asrama merasa nyaman,” kata Kakanwil Kemenag Sumsel, Syafitri Irwan.

Asrama Haji Palembang memiliki banyak kelebihan diantaranya seperti soal simulasi saat berada dalam pesawat (mock up pesawat), juga memiliki alat peraga manasik berupa replika ka’bah yang dibuat sama persis dengan ukuran seperti di Mekkah termasuk juga lintasan Sa’ih.

Gedung aula yang mencukupi kapasitas jamaah setiap kloter, serta kamar asrama haji tempat istirahat sembari menunggu keberangkatan ke bandara menuju Mekkah yang akan menampung jamaah selama proses pemberangkatan dan pemulangan.

Salah satu calon jamaah haji asal Kota Palembang mengatakan sejak 2012 ia telah mendaftar haji dan akan diberangkatkan pada 2020. Namun, dikarenakan pandemi sempat tertunda tiga tahun lamanya.

“Alhamdulillah, tahun ini diberi kesempatan oleh Allah untuk jalankan ibadah haji, semoga diberikan kekuatan dan keridhoan Allah dalam menjalankan ibadah haji ini,” ucap salah satu jamaah perempuan.

Asrama Haji Palembang yang Berlokasi di Jalan Tanjung Api-api, Kebun bunga Kecamatan Sukarami, Kota Palembang, merupakan salah satu embarkasi palembang termasuk memiliki fasilitas mumpuni lebih baik.

Reporter: Tri Jumartini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button