PALEMBANGSUMSEL

Tingkatkan Rasa Percaya Diri Tampil di Depan Umum, IBG UKB Gelar Public Speaking Class

BritaBrita.com, Palembang – Mahasiswa Universitas Kader Bangsa (UKB) Palembang yang tergabung dalam Ikatan Bujang Gadis (IBG) UKB mengadakan Public Speaking Class dengan tema Being a Good Speaker for Good Oration.

Pesertanya terdiri dari umum maupun mahasiswa UKB yang berlangsung di Aula lantai 4 Universitas Kader Bangsa (UKB) Palembang, Sabtu (20/8/2022).

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah menjadikan pesertanya lebih handal sekaligus mengetahui teknik berbicara di depan umum.

Dalam sambutannya, Rektor UKB, DR. Hj. Irzanita SH,. SE,. SKM,. MM,. M.Kes menyambut baik kelas public speaking tersebut. Karena baik mahasiswa, dosen dan civitas akademika kampus memang diperlukan public speaking yang baik agar tidak menimbulkan persepsi yang keliru.

“Dengan public speaking yang baik bisa menimbulkan kepercayaan diri, di dunia kampus misalnya, karyawan juga perlu belajar public speaking yang baik. Seperti dosen nantinya tahu dan mendalami bagaimana cara mengajar dengan mahasiswa dan cara penyampaiannya. Itu perlu bahkan ada sekolahnya, bukan suka-suka kita saja. Kemudian bagaimana cara penggunaan bahasanya. Bahasa yang digunakan harus runut, logis dan jelas sehingga tidak menimbulkan persepsi yang berbeda,” ucapnya.

Lihat Juga :  Meski Sudah Lewat 14 Hari, Jasad Alm Eril Lengkap Juga Wangi Daun Eucalyptus

Rektor menjelaskan komunikasi yang efektif juga diperlukan cara mengolah ekspresi tubuh. “Kalau penyampaian tidak bagus orang nggak akan tertarik. Perlu olah tubuh  kita dan bahasa yang terstruktur, maka orang akan mudah memahami,” imbuhnya.

Pelatihan public speaking juga bisa meningkatkan kualitas seseorang. Orang juga akan menilai bagaimana kita berbicara. Misalkan dalam wawancara pekerjaan, perusahaan biasanya tidak langsung melihat IPK, namun performance anda dan cara anda berbicara juga bisa dinilai.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Acara, Triono mengatakan Public Speaking Class merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh ikatan bujang gadis UKB yang bertujuan untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri.

Serta menumbuhkan jiwa kepemimpinan terutama saat menyampaikan ide dan pendapat dengan benar bagi mahasiswa atau pelajar.

Lihat Juga :  Untuk Tenaga Kesehatan, RSUD Bari Terima 1.500 Vial Vaksin Covid-19

“Nantinya public speaking class akan diadakan 2 kali dalam 1 tahun, guna memberikan pelatihan yang nantinya target peserta merupakan mahasiswa, pelajar SMA/SMK/MA/MK bahkan dosen ataupun staf Civitas Akademika Universitas Kader Bangsa,” katanya.

Peserta nantinya akan mendapatkan sertifikat, hadiah peserta terbaik, makanan ringan serta ilmu yang bermanfaat. Kegiatan ini terdiri dari penyampaian materi oleh narasumber dengan tema tertentu dan dilanjutkan sesi tanya jawab antara para peserta dengan narasumber, sehingga kegiatan seminar ini terasa menjadi lebih hidup dan kondusif.

Dengan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya yaitu Firza Rizky Juniarsa, S.Pd selalu Presenter, Master of Ceremony, English Private Teacher juga Trainer.

Harapan dengan diadakannya kegiatan ini semoga peserta yang telah mengikuti kegiatan public speaking ini dapat menerapkan ilmu yang telah di pelajari hari ini kedepannya nanti.

Reporter: Tri Jumartini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button