LIFESTYLE

Agar tidak Kecewa Membangun Rumah, Pilihlah Bahan Bangunan yang Berkualitas, Ini Tipsnya

BritaBrita.com — Jika anda ingin membangun rumah maka sepatutnya menggunakan bahan bangunan yang berkualitas.

Hal ini dimaksudkan agar selain tidak kecewa rumah yang dibangun benar-benar menggunakan kualitas bahan bangunan yang bias dipertanggung jawabkan.

Pertanyaannya, bagaimana cara kita memilih bahan bangunan yang berkualitas itu.

Ini tipsnya yang barangkali berguna bagi anda yang ingin merenovasi atau membangun rumah.

 

Keramik

Apabila Anda memilih keramik yang tidak sesuai, mungkin hanya dalam kurun waktu beberapa saat saja keramik tersebut akan mengalami pengeroposan dan harus diganti dengan yang baru.

Agar hal ini tidak terjadi, Anda perlu mengetahui tips memilih keramik yang berkualitas.

Biasanya, keramik yang berkualitas memiliki bobot yang berat. Bobot berat ini menandakan bahwa keramik memiliki kepadatan yang baik.

Selain itu, keramik berkualitas tahan goresan dan ukurannya akan presisi untuk memudahkan proses pemasangan di lantai.

2. Besi

Pilihlah besi berkualitas yang sudah memiliki merek atau sudah berlogo SNI. Besi yang berlogo SNI menandakan bahwa kualitas besi tersebut sudah diuji terlebih dahulu dalam beberapa eksperimen yang kemungkinan terjadi di kondisi rumah.

Biasanya, besi bermerek atau sudah berlogo SNI dibanderol dengan harga bahan bangunan lebih mahal.

Namun, ini tentu bukan masalah, agar rumah yang hendak akan bangun dapat berdiri kokoh dalam kurun waktu yang lama.

3. Semen

Untuk semen sendiri, saat ini, sudah banyak beredar di pasaran merek-merek semen terkenal yang sudah terjamin dan terbukti kualitasnya.

Semen sendiri merupakan produk olahan yang harus diproses terlebih dahulu di pabrik. Sehingga, untuk menentukan apakah semen itu bagus atau tidak, dapat Anda lihat dari merek produsen semen hingga semen yang sudah berlogo SNI.

4. Genting

Untuk saat ini, banyak sekali merek genting yang berasal dari keramik dipilih oleh orang-orang. Genting dari keramik dinilai lebih tahan akan kondisi cuaca yang berubah, lebih awet, serta warnanya tidak cepat pudar.

Tak hanya itu, genting dari keramik juga lebih kuat dan tahan banting. Ini karena genting dari keramik pada proses pembuatannya telah melalui proses pembakaran. Proses pembakaran inilah yang membuat genteng keramik jadi kuat dan tahan lama.

5. Kayu

Ada beberapa karakteristik yang bisa Anda jadikan sebagai patokan ketika hendak memilih kayu.

Pertama, biasanya kayu dengan kualitas yang bagus memiliki tekstur lebih keras. Ini bisa Anda lihat dari segi kerapatan kayu.

Salah satu kayu yang memiliki kualitas terbaik merupakan kayu yang berasal dari kayu jati.

Selain tekstur, aroma kayu juga menjadi penentu apakah sebuah kayu dapat bertahan lama selama bertahun-tahun.

Biasanya, kayu yang berkualitas baik akan mengeluarkan aroma manis khas kayu. Ini menjadi tanda lainnya dari kayu berkualitas baik.

6. Pasir

Untuk menentukan apakah pasir berkualitas baik atau tidak, Anda dapat mencoba dengan menggenggam pasir di genggaman tangan.

Apabila Anda merasa saat menggenggam pasir tidak ada rasa tertusuk di telapak tangan, maka bisa dibilang kalau pasir itu memiliki kualitas yang bagus.

Selain itu, untuk menentukan pasir berkualitas baik atau tidak dapat dilihat dari teksturnya.

Apabila pasir memiliki tekstur menggumpal saat sudah digenggam, bisa dipastikan bahwa pasir tersebut sudah dicampur dengan lumpur.

Pasir seperti ini tidak cocok dijadikan bahan untuk membangun rumah. Karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam memilih pasir terbaik.

7. Batu Bata

Terakhir, yaitu bahan bangunan batu bata. Cara untuk menentukan apakah bahan bangunan batu bata berkualitas atau tidak dapat dilakukan dengan mengetuk permukaan batu bata.

Apabila permukaan batu bata yang Anda ketuk menghasilkan suara nyaring, ini menjadi pertanda bahwa batu bata memiliki kualitas yang baik.

Selain itu, batu bata berkualitas akan memiliki bobot yang ringan. Ini menandakan batu bata memiliki pori-pori yang padat sehingga tidak akan mudah pecah atau retak. (*/https://finance.detik.com/properti/d-6393214/tips-mencari-bahan-bangunan-berkualitas/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button