PALEMBANGPENDIDIKAN

Penuh Kreativitas, SDIT Al Furqon Palembang Gelar Karya P5 Bertema Kearifan Lokal

BritaBrita.com, Palembang – Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Furqon Palembang dipenuhi dengan kreativitas para murid.

Gelar karya siswa dalam P5 merupakan kegiatan puncak dari kurikulum merdeka.

Pasalnya, SDIT Al Furqon menjadi Sekolah penggerak dan percontohan dalam Implementasi penerapan kurikulum merdeka di Kota Palembang.

Mengusunh tema kearifan lokal ‘Makananku Budayaku’ dengan “Mari wujudkan visi pendidikan Indonesia yang maju, berbudaya, mandiri, gotong-royong, dan berkebhinekaan global melalui terciptanya pelajar pancasila”.

Gelar karya diawali sambutan Kepala SIT Al Furqon Palembang, Agus Priyatmo mengatakan kegiatan ini merupakan awalan pelaksanaan kurikulum merdeka yang dilaksanakan SDIT Al Furqon.

Dirinya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh tim yang sudah bekerja keras hingga terlaksananya acara gelar karya. Dan tidak lupa pula ucapan terimakasih kepada wali murid atas dukungan dan kehadirannya menyaksikan gelar karya, Rabu (9/11/2022) di Aula Darul Jannah.

Lihat Juga :  Bawa Misi Damai, PUI Kota Palembang Resmi Dilantik

“Sebenarnya kegiatan seperti ini sering kita lakukan sesuai dengan visi misi SIT Al Furqon. Lembaga ini menyelenggarakan pembelajaran yang mengembangkan budaya (membaca, menulis,berdiskusi,berkarya serta mampu beradaptasi dengan teknologi), mereka bergembira melaksanakan tugas ini, Jika dulu kita nama kan tugas ini Pekan tematik, sekarang masuk dalam kurikulum merdeka puncak gelar karya,” katanya.

Acara gelar karya P5 dibuka dengan ditandai pemukulan gong oleh Direktur SIT Al Furqon Palembang Emil Rosmali, Kepala SDIT Al Furqon Palembang, Ketua Komite SDIT Al Furqon Palembang, Rahma Ivani, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ansori, Ketua KORMI Provinsi Sumsel Samantha Tivani HD.

Turut juga dihadiri Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru beserta Istri, Febrita Lustia.

Dilanjutkan dengan berbagai penampilan ekstrakulikuler SDIT Al Furqon seperti pembacaan tilawah, penampilan tari, menyanyikan lagu pempek lenjer, serta di tutup dengan penampilan marching band.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru yang menyempatkan hadir di detik-detik penutupan acara juga ikut menyaksikan para murid mempresentasikan hasil gelar karya P5 juga menyempatkan diri berkeliling melihat satu persatu stand siswa di dampingi Direktur SIT Al Furqon, Kepala Sekolah SDIT, Pimpinan Redaksi Assajidin Group dan jajaran lainnya.

Lihat Juga :  Kapolda Sumsel Minta Unsri Ada Mata Kuliah Tentang Kepolisian

Siswa yang menjaga stand juga tampil lengkap memakai pakaian adat dan assesoris Palembang.

Tidak ketinggalan pula, para guru SDIT Al Furqon Palembang, dan para tamu undangan juga wali murid ikut berpartisipasi mengunjungi stand milik siswa yang kreatif dan mencicipi makanan yang dihidangkan.

Pada setiap meja stand out ditempel poster pada kertas karton yang telah dibuat sebelumnya dalam proyek P5 kurikulum merdeka.

Adapun beragam penampilan makanan kearifan lokal Kota Palembang yang di sajikan yaitu terdiri dari perpaduan antara ikan dan tepung, seperti mie celor, beragam pempek, tekwan, srikaya, es doger, es kacang merah, dan masih banyak lainnya.

Reporter: Trijumartini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button