RSI AR-RASYIDSEHAT

Pasca Covid 19, Hari Kesehatan Nasional Jadi Momentum Masyarakat Peduli Kesehatan

BritaBrita.com, Palembang – Memperingati Hari Kesehatan Nasional ke- 58 pada tahun ini yang bertepatan pada 12 November 2022. Ada beberapa hal yang dapat dipetik hikmah positifnya oleh masyarakat.

Terutama yang telah melewati masa-masa sulit menghadapi lonjakan Covid-19.

Semenjak adanya Covid 19, timbul kebiasaan-kebiasaan baru yang berdampak baik terhadap kesehatan maupun terhadap kehidupan secara umumnya.

“Semoga masyarakat tetap mempertahankan kebiasaan baik seperti olahraga rutin, pola makan sehat, berpikiran positif, serta rajin salat dan berdoa yang menjadi lebih diperhatikan oleh masyarakat ketika awal terjadinya pandemi Covid-19,” kata Direktur Operasional RS Islam Ar Rasyid, dr. Alfredo Armando Parensyah.

Meskipun Covid-19 merupakan isu bidang kesehatan, namun dampaknya terhadap sektor ekonomi sangat terasa, terutama bagi masyarakat menengah ke bawah.

Lihat Juga :  Cokelat Kinder Joy Berbahaya, Ini Efek Konsumsi Makanan Tercemar Salmonella

Dia berharap, pemerintah dapat berperan lebih aktif dalam membantu masyarakat kembali bangkit dari kondisi yang cukup terpuruk ini, baik dengan bantuan langsung, maupun berupa penyediaan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat yang terkena PHK, atau pelatihan dan permodalan untuk menciptakan usaha skala rumah tangga sehingga terjadi percepatan pemulihan bagi kehidupan sosial ekonomi masyarakat.

“Masyarakat yang telah terdampak ekonomi, sosial bahkan kesehatan dapat lebih mandir dalam menghadapi tantangan pasca Covid-19, pemerintah dan mayarakat perlu punya kerjasama dan saling mendukung dalam mempersiapkan kehidupan setelah pandemi,” katanya.

Menyinggung pelayanan kesehatan di rumah sakit, ia mengatakan peran sebagai penyedia layanan kesehatan adalah salah satu tugas penyelenggara fasilitas kesehatan sepertinya.

Lihat Juga :  Bisa Ganggu Kesehatan Mental, Hati-hati Memberi Les pada Anak

“Harapan terhadap kesehatan masyarakat lebih meningkat dengan pelayanan kesehatan yang terus dikembangkan. Regulasi rumah sakit yang sederhana namun professional terus kami usahakan untuk dapat memberikan peningkatan kesehatan masyarakat saat ini,” ujarnya.

Masyarakat perlu tetap optimis, jangan sampai berputus asa, baik menghadapi masalah ekonomi, sosial, mental bahkan kesehatan.

“Yakinlah Allah senantiasa akan memberikan jalan keluar, selalu ikhtiar dan terus jaga kesehatan. Menjaga kesehatan bisa kita mulai dengan mengelola pikiran untuk selalu positif, tidak khawatir yang berlebihan akan suatu hal, dan ikuti aturan yang sudah ditetapkan pemerintah,” katanya.

Reporter: Trijumartini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button