PALEMBANGSUMSEL

Kadiknas Sumsel Ingatkan Pegawai Purnabakti untuk IBADAH

BritaBrita.com, Palembang – Penyerahan cinderamata pegawai purnabakti dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) dilaksanakan di Aula Handayani, Selasa (29/11/2022).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Drs H Riza Fahlevi MM mengatakan, kegiatan yang digelar yakni dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kemudian, dalam rangka hari guru dan dalam rangka HUT Korpri sekaligus pemberian cinderamata kepada pegawai purnabakti dilingkungan keluarga besar Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel.

“Jumlah pegawai yang purnabakti 161 orang. Terdiri dari bidang Kepegawaian Dinas Pendidikan, ada dari guru, kepala sekolah dan pengawas,” ujarnya.

Kepada pegawai yang purnabakti Riza Fahlevi berpesan agar meresapi dan mengimplementasikan tausiyah dari Ustad Kemas Ali agar lebih banyak meluangkan waktu untuk ibadah mempersiapkan diri menuju akhirat.

Lihat Juga :  Cegah Penularan Covid-19, Ribuan Guru di Palembang Vaksin Booster

“Kalau saat masih aktif menjadi PNS, mungkin persentase 70 persen untuk bekerja dan 30 persen untuk ibadah. Tapi saat sudah purnabakti maka harus dibalik 70 persen gunakan waktu untuk ibadah dan 30 persen untuk kegiatan duniawi,” ucapnya.

Ketika ditanya dengan banyaknya pegawai yang purnabakti apakah akan mempengaruhi kinerja dilingkungan Dinas Pendidikan Sumsel, Riza Fahlevi menuturkan, walaupun ada yang purnabakti itu tidak berpengaruh.

“Karena ASN walaupun purnabakti tapi secara pemberian masukkan secara hubungan silaturahmi tetap kita terbuka demi memajukan dunia pendidikan. Karena mereka banyak sekali pengalaman dari mereka untuk kita selalu bersinergi,” bebernya.

Riza Fahlevi menuturkan, pelayanan di Dinas Pendidikan tetap berjalan, karena pelayanan saat ini berangsur-angsur menuju transformasi digital. Jadi agak dikurangi bertemu secara manual atau tatap muka.

Lihat Juga :  Cetak 169 Sarjana Baru, Rektor USS : Semua Program Studi Bakal Ada Materi Entrepreneur

Menurut dia, PNS yang purnabakti kalau dikaryakan tidak hanya dimintai masukan serta saran. Karena ada wadah yang namanya grup WhatsApp purnabakti di sanalah bisa memberikan masukan.

“Pegawai yang purnabakti ini macam-macam ada eselon 4, ada pengawas, kepala sekolah dan guru,” ucapnya.

Riza Fahlevi berharap, dengan adanya momen serupa ini, ia selalu mengingatkan untuk IBADAH huruf I adalah Introspeksi, Iman dijaga. Kemudian huruf B adalah Bersih dan Belajar, huruf A adalah Amanah, huruf D adalah Disiplin, huruf A adalah Administrasi harus baik dan huruf H adalah hablumminallah (hubungan baik dengan Allah) dan hablumminannas (hubungan baik dengan sesama manusia) selalu dijaga.

“Semoga kita tetap bisa menjalin silaturahmi antara senior dengan junior,” tandasnya.

Reporter: Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button