PALEMBANGSUMSEL

Perjalanan Miris Pedagang Pasar Cinde, Dibongkar hingga Kebakaran Hebat

BritaBrita.com, Palembang – Sekitar 2017 lalu, lebih dari 200 pedagang di Pasar Cinde merelakan toko, kios dan lapak mereka dibongkar.

Pemerintahan menjanjikan pembongkaran membuahkan hasil menjadi Aldiron Plaza Cinde yang megah dan menambah daya tarik pembeli.

Mirisnya, lima tahun berlalu tanpa ada kejelasan. Sekitar 250 pedagang berjualan di bawah atap seng dan tiang baja ringan juga kayu. Sempit, becek, bahkan para pembeli pun seolah enggan mengunjungi Pasar Cinde terbukti dari pengakuan pedagang yang penjualannya merosot tajam.

Kini, duka pembongkaran tanpa kejelasan seakan tak sebanding dengan kebakaran hebat yang terjadi di pasar yang dibangun pada 1958 itu. Setidaknya 60 kios hangus dilalap si jago merah pada Minggu (27/11/2022) malam. Semua hangus terbakar membuat pedagang semakin tak berdaya.

Lihat Juga :  Tersulut Emosi, Pelaku Penusukan Ibu dan Anak di Halaman Sekolah Tertangkap

Harapan tinggi dari para pemilik kios kepada pemilik kekuasaan di Kota Pempek ini. Agar Cinde segera diperbaiki dan bisa kembali mencari nafkah. Setiap lapak berukuran sekitar 2 meter x 2 meter yang dominan bermaterial kayu ini sudah rata dengan tanah.

“Tidak ada yang bisa diselamatkan, semuanya habis terbakar,” kata Minah, salah seorang pedagang sayuran.

Terbakarnya tempatnya mencari nafkah, ibu separuh baya ini tidak punya pilihan harus berjualan dimana lagi. Sebelum kebakaran ini terjadi, Gubernur Sumsel Herman Deru telah menjanjikan akan segera membangun Pasar Cinde dengan menggunakan dana APBD.

Lihat Juga :  Luapan Kegembiraan Sekolah Tatap Muka. Keysa Bilang Kalau Belajar di Rumah Banyak Gak Ngertinya

Perjanjian dengan pihak ketiga telah dicabutnya melihat tidak adanya perkembangan dalam pembangunan Aldiron Plaza Cinde.

“Sebelum dibangun pasar ini sudah terbakar duluan, para pedagang yang kiosnya terbakar tidak tahu akan dipindahkan kemana,” kata Yadi salah seorang pedagang bibit tanaman.

Reporter: Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button