OLAHRAGASUMSEL

Kemenpora Gandeng Igornas Tingkatkan Prestasi di Bidang Olahraga

BritaBrita.com, Palembang – Untuk meningkatkan Prestasi di bidang Olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI) menggandeng Ikatan Guru Olahraga Nasional (Igornas).

Hal ini diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali saat diwawancarai awak media di Hotel Harper Palembang, Sabtu (10/12/2022).

Zainudin mengatakan, pihaknya telah merumuskan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) untuk lompatan jangka panjang pada kurikulum olahraga dan pembinaan anak muda agar berprestasi di olahraga.

“Pembangunan olahraga nasional harus kita bangun dari hulu hingga ke hilir. Hulunya kebugaran dan hilirnya prestasi,” katanya.

Lanjutnya, jika DBON yang dicanangkan pemerintah pusat tidak akan berhasil jika dikerjakan sendiri. “Kita menggandeng organisasi Ikatan Guru Olahraga Nasional (Igornas) untuk membantu menjaring bibit olahraga nasional dari seluruh pelosok negeri,” ujar Zainudin.

Zainudin mengungkapkan, tak adanya tujuan pembangunan SDM olahraga membuat Indonesia tertinggal dari negara tetangga seperti Thailand, Vietnam dan Philipina.

“Untuk membangun SDM olahraga di Indonesia, guru olahraga perlu terlibat karena peran mereka signifikan untuk membangun prestasi olahraga nasional,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pemerintah pusat mengeluarkan Perpres nomor 86 tahun 2021 yang dijadikan dasar hukum pembinaan SDM olahraga di Indonesia. Tujuan besarnya dimaksudkan agar Indonesia dapat menembus peringkat 10 besar olimpiade.

“Peran Igornas diharapkan membantu pemerintah pusat dalam mencari bibit SDM yang akan disiapkan untuk mengejar prestasi dalam bidang olahraga. Pusat gak akan bisa memantau semuanya. Peran guru olahraga akan sangat membantu menemukan bibit-bibit muda. Target kita untuk menuju olimpiade 2032 dan 2045,” kata Zainudin.

Sementara itu, Ketua Umum Igornas, Dikdik Setia Munardi mengatakan, peran Igornas untuk menyiapkan bibit dan talenta SDM olahraga Indonesia dimasa mendatang. Mereka bertujuan mengaktifkan olahraga agar menjadi gaya hidup.

“Diharapkan peran Igornas hadir untuk memunculkan prestasi. Kalau dulu atlet datang sekarang kita mencari talent yang akan kita salurkan ke sentra-sentra pelatihan tujuan besarnya olimpiade 2032 dan 2044,” katanya.

Reporter: Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button