PALEMBANGPENDIDIKANSUMSEL

1.116 Siswa SMAN 6 Palembang Ikuti Orientasi Kepramukaan Penegak, Jadi Salah Satu Syarat Kenaikan Kelas

BritaBrita.com, Palembang – SMA Negeri 6 Palembang menggelar orientasi Kepramukaan Penegak bertempat di halaman SMAN 6, Selasa (3/1/2023). Siswa yang mengikuti orientasi Kepramukaan Penegak berjumlah 1.116 orang.

Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Palembang, Fir Azwar mengatakan, orientasi Kepramukaan Penegak di SMA Negeri 6 merupakan aktualisasi dari model pendidikan kepramukaan di sekolah yang merupakan implementasi Permendikbud Nomor 63 tahun 2014 yang menyatakan bahwa pendidikan kepramukaan adalah ekstrakurikuler wajib bagi siswa dari SD, SMP sampai SMA.

“Oleh sebab itu kami memilih model blok di tahun ini, awal semester ganjil. Setiap tahun kami selalu melakukan kegiatan orientasi Kepramukaan Penegak. Ini merupakan syarat bagi siswa untuk kenaikan kelas. Jadi anak-anak yang tidak ikut wajib ikut , dan harus ikut susulan karena ini syarat kenaikan kelas,” ucap Fir Azwar.

Lihat Juga :  Konflik Lahan di Kramasan berlanjut, Pertemukan Kedua Belah Pihak

Kedua, sambung dia, ini adalah ekstrakurikuler wajib yang merupakan implementasi Permendikbud nomor 63 tahun 2014.

“Yang mengikuti sebanyak 1.116 orang, terdiri dari kelas X, XI, dan kelas XII.Dalam kegiatan orientasi ini,Kita juga melibatkan pelatih Pramuka di Palembang untuk membimbing dan mengarahkan adik-adiknya,” katanya.

Lebih lanjut Fir Azwar menuturkan, kegiatan orientasi ini berlangsung selama 4 hari dari 3 – 6 Januari 2023. “Kegiatan ini tidak ada perkemahan. Jadi pukul 5 sore selesai dan dilanjutkan besok lagi,” tuturnya.

Fir Azwar mengungkapkan, pada oritansi hari ini hadir Kepala Dinas Pendidikan Sumsel. Itu merupakan sebagai salah satu bentuk dukungan dan support kepada dunia pendidikan di Sumsel diantaranya di SMAN 6 Palembang.

Lihat Juga :  PPKM di Palembang Diperpanjang Hingga 9 Agustus, Wali Kota Minta Warga Vaksin Covid-19

“Harapan kita dengan adanya kegiatan ini, kedepan siswa yang mengikuti orientasi Pramuka ini agar dapat mengimplementasikan Dasa Darma Pramuka, yang isi terakhir berbunyi menciptakan manusia yang memiliki hati ucapan dan perbuatan yang suci,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Riza Fahlevi menuturkan, pihaknya mendukung kegiatan orientasi Pramuka Penegak di SMAN 6 Palembang.

“Kegiatan ini salah satu upaya untuk terus menggalakkan kegiatan pramuka di Sumsel. Semoga siswa dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik,” tandasnya.

Reporter: Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button