PENDIDIKANSUMSEL

Duta Literasi Sumsel Tumbuhkan Semangat Literasi ke Siswa SMAN 21 Palembang

BritaBrita.com, Palembang – Workshop bersama Duta Literasi Sumsel, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional VII dan Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel dengan tema “Perencanaan Keuangan Untuk Masa Depan” digelar di SMA Negeri 21 Palembang, Selasa (17/1/2023).

Duta Literasi Provinsi Sumsel Ratu Tenny Leriva mengatakan, siang hari ini dia berkunjung ke SMA 21 Palembang seperti biasa sebagai Duta Literasi Provinsi Sumsel untuk mensosialisasikan mengenai literasi ke teman-teman siswa SMA 21.

“Seperti biasa kita disini menyampaikan kalau literasi adalah lifestyle agar mempersiapkan teman-teman ini bisa bersaing untuk saat lulus nanti menjadi bekal mereka. Apalagi di sini kita bersama OJK jadi menyiapkan mereka untuk merencanakan keuangan mereka sendiri secara mandiri. Menumbuhkan semangat literasi itu harus dimulai dari diri sendiri, karena kita juga yang akan mendapatkan manfaatnya,” ujarnya.

Menurutnya, saat melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah, yang menjadi pembeda SMAN 21 ini jika dibandingkan sekolah yang sebelumnya adalah seperti yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Pak Riza tadi SMA 21 yang paling ujung tapi merupakan salah satu yang paling semangat.

Lihat Juga :  Begini Kronologi Pecah Kaca Truk di Macan Lindungan

“Jadi Alhamdulillah hari ini antusiasnya sangat luar biasa. Ini kebanyakan dari kelas XII sama kelas XI, tapi mereka walaupun sudah sore tapi sampai akhir acara mereka tetap semangat,” katanya.

Lebih lanjut Ratu Tenny Leriva menuturkan, untuk membangkitkan membaca itu adalah harus dipahami dulu sebenarnya literasi itu lifestyle. Jadi bukan hanya baca tulis buku saja.

“Literasi itu kata Bapak Gubernur bisa didapat dari mana saja baik itu dari seni, baik itu dari HP yang kita pakai itu juga sebenarnya merupakan media literasi. Karena ada literasi digital. Jadi bagaimana yang perlu diterapkan itu adalah kesadaran diri agar mau terhadap literasi apa saja yang bisa mereka dapatkan dari setiap hari. Main handphone itu juga harus diingatkan bahwasanya mereka sudah ber literasi bagaimana informasi yang baik yang didapatkan itu bisa langsung mereka terapkan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Drs H Riza Fahlevi MM menuturkan, pihaknya hadiri disini untuk mengecek bersama Dinas perpustakaan apa saja kebutuhan disini.

“Tadi Bu Fitriana sudah mencatat nanti bisa menyalurkan buku-buku yang ada di program dinas perpustakaan,” katanya.

Lihat Juga :  Faktor Kemiskinan dan Kurang Gizi Picu 4.641 Orang Derita Stunting

Riza menuturkan, dari pertemuan ini tadi siswa menyampaikan kurangnya minat dari diri mereka. Sehingga mereka sendiri menjawab untuk mencarikan solusinya.

“Saya mengapresiasi kepada anak-anak tadi terutama yang mendapat hadiah handphone mereka tegas lugas memberikan paparan sekaligus memberikan solusinya baik yang perempuan maupun yang laki-laki jadi seperti ini kelihatan kalau mental anak kita itu sudah dikatakan lumayan,” ucapnya.

Kepala SMA Negeri 21 Palembang Ibu Hj. Alma Sundari, S.Pd.,M.Si menambahkan, melalui kegiatan hari ini pihaknya berharap ke depan akan ditingkatkan literasi anak-anak dalam baca tulis. Jadi mereka lebih semangat karena langsung hadir Duta literasi sosial.

“Yang kurang kita tingkatkan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Perpustakaan,” ucapnya.

Ketika ditanya upaya untuk meningkatkan minat baca di siswa, Alma menuturkan, yang akan dilakukan pertama tadi sudah ada programnya dari Duta Literasi.

“Kedua kita tingkatkan fasilitasnya dan yang ketiga kita tetap memberikan motivasi pada mereka untuk lebih giat lagi membaca,” pungkasnya.

Reporter: Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button