BISNISKELUARGALIFESTYLE

Kencur Boba, Sensasi Minum Jamu Kekinian Kaya Manfaat

BritaBrita.com, Palembang – Saat mendengar kata minum jamu di masa kini, sebagian orang akan menganggapnya itu minuman jadul dengan rasa yang cukup aneh di lidah.

Namun, saat ini juga semua orang sudah bisa minum jamu dengan rasa kekinian tapi, tidak menghilangkan manfaat dari nutrisi di dalamnya.

Melalui tangan seorang mantan pramugari, kini semua orang bisa minum jamu dengan nikmat namun kaya manfaat. Dewi Novitasari (35) meracik jamu dengan berbagai kreasi kekinian, diantaranya Kencur Boba.

Jika minuman boba saat ini yang sedang viral biasanya identik dengan rasa krim dan manis saja. Namun, Dewi Novita Sari pemilik Jamu Jeng Dedew ini membuat Boba Kencur, jamu dengan rasa yang unik, tak kalah dari minuman boba yang dijual di pasaran.

“Kencur Boba, dibuat dengan bahan-bahan alami seperti kencur, jahe, daun pandan, gula aren, yang diracik dengan boba,” katanya.

Kencur Boba sangat baik untuk pencernaan karena bermanfaat untuk kesehatan lambung, juga penahan rasa lapar hingga mengontrol berat badan. Kencur Boba, memiliki rasa yang balance, perpaduan antara rasa kencur, jahe dan lainnya, juga terdapat rasa krim dari susu full krim segar ditambah kenyal dan lembutnya topping boba.

Di Jamu Jeng Dedew, tidak hanya ada Kencur Boba, tapi ada juga menu jamu lainnya yang rasanya segar dan nikmat. Seperti Leminer, memiliki cita rasa yang segar terbuat dari buah nanas, jahe, kunyit juga cengkeh.

Leminer cocok untuk buka puasa, karena rasa segarnya menghilangkan dahaga tapi punya manfaat baik untuk tubuh, terutama perempuan. Selain itu ada juga Sawa (Asem Jawa, Gula Batu, Rempah Pilihan), Bir Pletok, 3J (Jahe, Jeruk, Jelly Kunyit), Jamu Diet Kolesterol dan lainnya, mulai dari Rp15.000 – Rp30.000.

Dewi mengatakan, membuat jamu kekinian berangkat dari kesukaannya minum jamu dan ingin menghilangkan stigma bahwa jamu itu minuman orang dulu atau orang tua. “Ingin memberikan edukasi untuk meminum jamu sedini mungkin,” katanya.

Bagi yang berminat bisa datang langsung ke Kafe Jamu Jeng Dedew di Utopia, Samping Lumban Tirta (Seberang Hotel Aryaduta, Jalan Pom IX. “Atau bisa lewat Grab Food Cafe Jamu JD, jamu kita terbuat dari bahan yang dikirim langsung dari Sleman,” katanya.

Reporter: Pitria

Kencur Boba

Bahan-bahan:

Air 2,5 liter
Kencur 150 gram
Jahe 100 gram
Gula aren secukupnya
Daun pandan 2-3 lembar
Boba pandan secukupnya
Susu full cream secukupnya
Creamer secukupnya
Es batu secukupnya

Cara membuat:

1. Kencur dan jahe dikupas, dicuci dan diiris, lalu rebus dengan air 1 liter dan daun pandan hingga mendidih.

2. Setelah mendidih, jahe dan kencur di blender hingga cukup halus.

3. Lalu rebus kembali dengan air rebusan tadi dan tambah 1,5 liter lagi hingga menjadi 2,5 liter juga bersama daun pandan.

4. Setelah mendidih, angkat, saring kedalam sebuah botol atau wadah lainnya. Bahan jamu sudah bisa digunakan.

5. Siapkan gelas, masukkan Boba pandan, es batu, secukupnya air rebusan jamu, gula aren susu, krimer. Aduk hingga merata dan bisa dinikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button