BISNISSUMSEL

Gelar TWB dan Ekspo UMKM, BSI Bersinergi dengan Berbagai Stakeholder

BritaBrita.com, Palembang – Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menggelar Onboarding Talenta Wirausaha BSI (TWB) dengan ekspo UMKM, inspiring speech, dan talkshow yang berlangsung di Graha Sriwijaya, Universitas Sriwijaya (Unsri), Palembang.

Talenta Wirausaha BSI (TWB) merupakan program inkubator bagi para wirausaha muda dan MuslimPreneur untuk membangun dan meningkatkan kapasitas usahanya, sehingga mampu bersaing di kancah global.

Hal ini sejalan dengan spirit BSI untuk mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Go Halal, Go Digital dan Go Global.

Gagasan MuslimPreneur dan membangkitkan kewirausahaan ini telah disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir sejak TWB angkatan pertama pada 2022 silam.

Gagasan ini bermula dari pengamatan langsung Erick saat berkeliling ke pesantren-pesantren di Indonesia bersama Dirut BSI Hery Gunardi.

“Saya sudah mengajak juga Direktur Utama BSI untuk datang ke pesantren-pesantren karena memang kita ingin pesantren sebagai mercusuar peradaban. Supaya keseimbangan ekonomi bisa terjadi, apalagi saat Covid-19 ini jelas terdapat kesenjangan. Maka dari itu kita harus seimbangkan dan intervensi. Di situlah negara hadir memastikan kesenjangan tersebut tidak boleh semakin melebar,” ungkapnya kala itu.

Pada sesi Inspiring Speech, Komisaris Independen BSI M Arief Rosyid Hasan menyampaikan, rasio pengusaha di Indonesia masih rendah, yakni 3,74%. Padahal, untuk masuk kategori negara maju, rasio ini harus didongkrak.

“Untuk mewujudkan Indonesia Maju, kita butuh melompat ke persentase 12% wirausaha. Oleh karena itu, BSI melalui program TWB ini mendukung upaya peningkatan jumlah wirausaha tersebut. Selain di lingkungan civitas akademika seperti di Unsri ini, kami juga masuk ke masjid dan pesantren-pesantren untuk mencari bibit-bibit MuslimPreneur,” jelas Arief.

Sementara, RCEO BSI Region 3 Palembang Wachjono menjelaskan, sebagai bank syariah terbesar di Indonesia, BSI berkomitmen untuk menjalin sinergi dan berkolaborasi dengan para pihak, termasuk perguruan tinggi.

Pemilihan Unsri sebagai lokasi onboarding TWB 2023 menurutnya adalah, menyambungkan sinergi dengan perguruan tinggi terbaik di Sumatra Selatan (Sumsel).

(Rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button