LIFESTYLESEHAT

Buah Delima dan Khasiatnya Bagi Tubuh Kita

Britabrita.com — Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan buah delima.

Minimal pernah mendengarnya, meski belum sekalipun mencobanya.

Padahal khasiatnya banyak Lo!

Mengutip dari buku pintar ‘Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah’ yang ditulis Dr. Nadiah Thayyarah, delima termasuk tumbuhan purbakala yang dikenal sejak lama oleh umat terdahulu, dan mereka sangat mengenal keistimewaan serta manfaatnya.

Bahkan, di masa Firaun Mesir kuno telah memanfaatkan buah ini sebagai obat. Delima berasal dari Asia barat daya, atau barat laut India.

Dari situlah ia disebarluaskan mulai ke wilayah Iran, lalu ke pesisir Laut Mediterania dan Mesir. Kemudian ke Eropa dalam beberapa abad terakhir.

Dalam khazanah literatur keIslaman terdapat pembahasan yang cukup mendalam tentang buah delima ini.

Ibnu Al-Qayyim menulis; “Rasa manis buah delima bermanfaat bagi lambung, tenggorokan, dada, dan paru-paru.

Delima bermanfaat pada saat batuk, airnya berkhasiat sebagai pencahar perut, dan asamnya dapat memperbaiki proses pembuangan pada pencernaan.

Delima juga dapat memperlancar air seni, mengurangi zat kuning pada hati, mengatasi diare, mencegah muntah, dan memperkuat fungsi organ tubuh.”

Sejumlah riset kedokteran mutakhir menyatakan, bahwa kulit bagian dalam berwarna putih yang terdapat di antara butiran-butiran buah delima memiliki manfaat medis berikut:

– Meredakan pembengkakan varises, menguatkan memori otak, dan berperan penting bagi pengobatan radang sendi.

Delima juga dapat mencegah radang diklofenak melalui pemanfaatan kloroform yang diekstrak dari kerak dan bijinya.

– Memperkuat daya tahan tubuh karena mampu merangsang tubuh untuk memproduksi zat antioksidan dan mengendalikan pertumbuhan radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit kanker, jantung, ginjal, hati, dan penuaan dini.

– Mencegah penyempitan pembuluh nadi karena jus delima mengandung zat antioksidan dalam jumlah yang lebih banyak ketimbang buah-buahan dan sayuran lainnya.

 

Sumber : lifestyle.sindonews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button