KALAMMUTIARA ISLAMSYARIAH

Dahsyatnya Rahmat dan Pahala dari Allah SWT Jika Berbakti kepada Orang Tua

BritaBrita.com, Palembang – Ada beberapa amalan yang paling disukai Allah pertama sholat tepat waktu, lalu berbakti dengan orang tua, berjihad di jalan Allah dan seterusnya.

Dari amalan itu, berbakti kepada orang tua adalah amalan yang cukup spesial, bahkan pahalanya sangat berlimpah, sebab amalan ini cukup sering diingatkan dalam sabda.

Ustad Suhandi Amd saat kajian subuh di Mushola At Khotijah, Tanjung Barangan, Minggu (10/9/2023) mengatakan, betapa dahsyatnya pahala berbakti kepada orang tua.

Seseorang datang kepada Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti Nabi menjawab ibumu, lalu ditanya lagi dan menjawab ibumu sampai tiga kali, barulah ayahmu.

“Sesungguhnya, berbakti kepada orang tua adalah ladang pahalanya sangat besar, apalagi tidak ada apa-apanya kebaikan kita dibanding perjuangan orang tua terhadap kita,” kata ustadz.

Ustadz mengatakan, ibu telah mengandung, lalu menyusui, lalu membedakan, begitu besar pengorbanan orang tua terhadap kita dan sudah selayaknya anak berbakti kepada orang tua.

Jangan sampai kita tidak mengurus orang tua, karena ada rahmat Allah SWT dengan berbakti kepada orang tua dan sudah selayaknya merawat orang tua.
Wujud bakti ini dapat dilakukan kapanpun oleh seorang anak sebagai bentuk rasa kasih sayang dan syukurnya sebagai hamba Allah SWT.

“Jangan sampai kita berdoa ke makam keramat, namun tidak merawat orang tua, atau malah menelantarkannya, sebab berbakti kepada orang tua dan doa orang tua lebih didengar Allah SWT,” kata Ustadz.

Orang tua, apalagi jika sudah sepuh, merupakan gerbang untuk masuk ke dalam surga, karena berbakti kepada orang tua pahalanya sangat besar dan berlimpah. Semakin tua usia orang tua, maka harus semakin telaten dan sabar dalam menghadapinya.

Allah SWT berfirman:

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا * وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ

Artinya: “Dan Allah telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah kepada selainNYA, dan hendaknya kamu berbuat baik kepada orang tuamu.

Reporter: Reno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button