PALEMBANGPENDIDIKANSUMSEL

IKA FH UMP Gelar Festival Kuliner dan Expo, Diikuti Puluhan UMKM Kota Palembang

BritaBrita.com, Palembang – Pj Gubernur Sumsel Dr Drs H A Fathoni, M.Si yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sumsel Ir Basyaruddin Akhmad, M.Sc dengan didampingi Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Sumsel Ir H Amiruddin, M.Si menghadiri kegiatan Festival Kuliner dan Expo Reuni Akbar Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) yang dipusatkan di halaman Auditorium UMP, Sabtu (9/12/2023).

Turut hadir di dalam acara tersebut Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumsel Ridwan Hayatuddin, S.H, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP Dr Yudha Mahrom DS, S.E., M.Si, Ketua Alumni Fakultas Hukum Universitas Palembang M. Arifuddin, S.H., M.H, Ketua Pelaksana Reuni Akbar Fakultas Hukum Universitas Palembang Mardiansyah, S.H, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Masyarakat Sadar Wisata Sumsel Herlan Asfiudin, dan undangan lainnya.

Asisten II Setda Sumsel Ir Basyaruddin Akhmad, M.Sc didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel Ir H Amiruddin, M.Si mengatakan, dia mewakili Pj Gubernur Sumsel menghadiri sekaligus membuka secara langsung kegiatan Festival Kuliner dan Expo Reuni Akbar Ikatan Alumni Fakultas Hukum UMP, di mana kegiatan ini merupakan suatu hal positif untuk silaturahmi, memperpanjang umur dan melancarkan rezeki.

“Alumni ini juga suatu kekuatan berbagai potensi yang dimiliki para alumni yang harus terus diperkuat dan dibangun. Pertemuan ini sangat besar sekali manfaatnya dalam rangka memanfaatkan rasa kebersamaan,” ujarnya.

Dia menuturkan, diharapkan melalui kegiatan reuni akbar ini dapat melahirkan rumusan dan gagasan serta ide-ide sebagai bahan masukan bagi pemerintah daerah (Pemda) dalam mewujudkan Pemprov Sumsel untuk ke depan agar lebih baik lagi dan lebih maju lagi di semua sektor.

Dimana potensi kekuatan alumni sangat besar maknanya jika dilaksanakan untuk berbagai kegiatan yang positif.

“Hal ini merupakan upaya dalam pengembangan dan mempromosikan produk-produk para pelaku usaha yang ada, sehingga akan dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Sumsel. Seperti halnya diacara Festival Kuliner dan expo ini yang diadakan oleh Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang diwakili Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP Dr Yudha Mahrom DS, S.E., M.Si menuturkan, pihaknya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya dari Rektor Universitas Palembang kepada Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang yang telah menginisiasi kegiatan ini, sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik.

“Mulai dari persiapan, musyawarah, sampai dengan acara expo dan pelantikan yang akan diselenggarakan hari ini, mudah-mudahan apa yang sudah dilakukan oleh Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang ini akan memberikan motivasi bagi Ikatan Alumni-Ikatan Alumni yang ada di Universitas Muhammadiyah Palembang,” katanya.

Dia menuturkan, kegiatan ini adalah sebuah kegiatan yang positif, ada tiga hal paling tidak yang perlu kita ambil dari sisi positifnya kegiatan ini.

Diantaranya yakni ajang sosialisasi bagi Ikatan Alumni Fakultas Hukum UMP itu sendiri, jadi di sini bisa menjalin sosialisasi dan silaturahmi antara sesama alumni. Karena kita yakini dan percaya bahwa alumni Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang ini sudah 25 ribu sampai 30 ribuan alumni.

“Jadi kalau tidak diaktifkan sebuah ikatan maka kita tidak akan saling kenal, di mana ikatan ini adalah sebuah ukhuwah atau penyatu dari kita semua, untuk saling kenal. Jika sudah kenal tentu akan semakin akrab di antara kita, dan ini juga bisa dijadikan ajang promosi dan ajang pengabdian kepada masyarakat melalui pembinaan usaha mikro kecil menengah (UMKM),” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Alumni Fakultas Hukum Universitas Palembang M. Arifuddin, S.H., M.H menuturkan, kegiatan Expo dan bazar yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Fakultas Hukum UMP dalam rangka rangkaian Reuni Akbar.

“Kegiatan Expo dan bazar digelar, karena UMKM ini penopang ekonomi utama. Jika terjadi penurunan ekonomi, UMKM itu yang paling bisa bertahan,” katanya.

“UMKM di kota Palembang harus terus digalakkan dan harus terus hidup sebagai penopang pendapatan daerah. Jadi memang harus diselenggarakan kegiatan seperti ini terus rutin,” ucapnya.

Ketua Pelaksana Expo dan Bazar Wahyudi SH MH menambahkan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama mengadakan expo dan festival kuliner.

“Ini adalah pionir, ini dalam rangka ini juga kita menelurkan serta menghasilkan ikatan alumni Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang dan ini merupakan untuk yang pertama kalinya akan dilaksanakan. Kalo ini diikuti 85 UMKM,” tuturnya.

“Kenapa kita merangkul UMKM, karena kita juga mau memberikan kontribusi daripada kegiatan kita ini, supaya bisa mengangkat lagi UMKM karena sekian lama banyak terpuruk pasca pandemi Covid-19, kita berharap dengan adanya agenda kita yakni expo dan festival kuliner bisa mengangkat dan mendongkrak untuk kegiatan UMKM itu sendiri,” bebernya.

“Kita minta ini jadi minta dijadwalkan oleh dinas pariwisata untuk jadi salah satu destinasi wisata kuliner dan lain-lain yang terfokus di kampus,” bebernya.

Ketua Pelaksana Reuni Akbar Fakultas Hukum UMP, Mardiansyah, S.H menuturkan, ini ajang promosi dari UMP maupun Fakultas Hukum.

“Kedua kita ingin peran alumni ini peran alumni kepada masyarakat. Kalau bahasa Muhammadiyah ini adalah amal usaha sosial yang digagas oleh alumni. Ketiga ini merupakan ajang promosi kepada UMKM kita sendiri bagaimana kita sebagai pelaku usaha ini bisa mempromosikan atau bisa ditingkatkan lebih luas lagi antara offline dan online-nya itu dikoneksikan,” katanya.

Dia menuturkan, pada Expo dan bazar ini yang ditampilkan adalah produk khas Palembang seperti songket, jumputan, makanan khas Palembang ada pempek, dan lainnya.

“Nanti ada season talk show membuat UMKM ini mulai dari perizinan nanti ada talk show cara membuat legalitas untuk UMKM. Pembiayaannya di samping dari swadaya kita dari alumni, ada beberapa juga yang membantu bentuknya bukan sponsor tapi mendukung kerjasama untuk di event ini karena seperti tenda itu ada bantuan teh Sosro. Insya Allah ke depan akan berlanjut kita harapkan ketua Ika terpilih bisa melanjutkan event yang lebih bagus lagi,” tandasnya.

Reporter: Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button