NASIONAL

Musyawarah Nasional Dewan Kesenian dan Kebudayaan se Indonesia Dibuka Malam Ini 

Britabrita com — Lama ditunggu akhirnya perhelatan besar yang sudah ditunggu-tunggu itu datang juga.

Malam ini, Insya Allah, Musyawarah Nasional Dewan Kesenian dan atau Dewan Kebudayaan se Indonesia dijadwalkan dibuka.

Rencananya dibuka Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Dr. Hilmar Farid, di Mercure Convention Center Ancol, Jakarta.

Munas tahun 2023 yang digelar hingga 13 Desember 2023 ini merupakan pelaksanaan Maklumat Kongres Kebudayaan Indonesia 2023 yang mengamanatkan dilakukannya musyawarah besar Dewan Kesenian dan atau Dewan Kebudayaan.

Disampaikan Sekretaris Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Drs. Fitra Arda, M.Hum., munas ini diikuti sekurang-kurangnya 300 peserta yang terdiri dari perwakilan Dewan Kesenian dan Dewan Kebudayaan seluruh Indonesia, para pemangku kepentingan seni-budaya, lembaga, institusi dan organsiasi seni-budaya, pemerintah, perwakilan komunitas serta individu pelaku seni dan budaya.

“Mereka adalah pihak-pihak yang merepresentasikan masyarakat seni-budaya seluruh Indonesia,” ucap Fitra Arda, Sabtu (9/12).

Menurutnya, tema yang diangkat adalah”Transformasi Dewan Kesenian dan/ atau Dewan Kebudayaan untuk Tata Kelola Kebudayaan”.

Munas akan dilakukan dalam sesi sidang pleno maupun sidang-sidang komisi, dengan pemateri atau narasumber para pengampu Dewan Kesenian dan atau Dewan Kebudayaan, seperti Hapri Ika Poigi (Dewan Kesenian Sulawesi Tengah), Halim HD (Pengamat dan Networker Kebudayaan), Bambang Prihadi (Dewan Kesenian Jakarta), dan beberapa tokoh perwakilan komunitas seni-budaya lainnya.

Dijadwalkan juga narasumber pemegang otoritas di pemerintahan seperti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Direktur Jenderal Otonomi Daerah yang juga Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Ketua Tim Refomasi Birokrasi Nasional Sony Soemarsono, dan Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid.

Selain itu dihadirkan pula narasumber lainnya, Walikota Ternate, Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Direktur Eksekutif Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Apeksi), Bappenas, Ketua Dewan Kesenian Kota Bandung, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta dan Koodinator Penyusunan PPKD Direktorat Jenderal Kebudayaan. (Niaga.asia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button