MUTIARA ISLAMPALEMBANGPENDIDIKANSYARIAH

Ustadz Imron Taslim: Tingkatkan Kualitas Iman, Allah akan Memperbaiki Kualitas Hidup Kita

BritaBrita.com, Palembang – Lembaga Kajian Al Qur’an YDP Al Furqon Palembang bekerjasama dengan Yayasan Khazanah Kebajikan menggelar Workshop Sehari The Power of Iman dengan Trainer Dr (Hc) Drs Imron Taslim, MSi, Kamis (25/1/2024). Turut hadir Ketua Yayasan Al Furqon Palembang H Djuliar Rasyid.

Trainer yang juga Pimpinan Ponpes Tadabur Al Quran Dr (Hc) Drs Imron Taslim, MSi mengatakan, dalam workshop ini mengambil tema The Power of Iman (Kekuatan Iman) yang dibuat dalam sebuah buku. Jadi disini dibahas kalau seseorang itu beriman bisa dibuktikan dia pasti kaya.

“Karena Allah yang kaya. Kalau Tuhannya Allah pasti kaya. Jadi apa penyebab orang tidak kaya maka kita pelajari hari ini.Salah satu orang yang tidak kaya dia berada di zona yang tidak kaya salah satu yang kita bahas mereka yang minta traktir dengan orang itu sama miskin, orang yang meminta-minta. Kalau hujan dia mengeluh, orang yang protes dengan kejadian yang dialaminya. Berarti orang tersebut berada di zona miskin,” ujarnya.

“Sebagai contoh orang yang berada di zona miskin adalah selalu minta oleh-oleh. Sebagai contoh kalau ada yang umroh selalu minta oleh oleh. Harusnya kalau ada teman kita yang umrah kita belikan dia jilbab sehingga dipakai saat di Mekkah, dan kita juga mendapat pahalanya. Bukan minta oleh-oleh,” tambahnya.

Lebih lanjut ustadz Imron menjelaskan, janji Allah itu ada di Al Quran. Kalau dia beriman dan bertakwa pasti Allah berikan kehidupan yang layak. Jadi tujuan hari ini bagaimana peserta ini pindah ke zona kaya, dia akan kaya. Tapi kalau dia maunya di zona miskin dia tetap selamanya di zona miskin.

“Jadi disini kita berikan ciri orang beriman yang dijelaskan dalam QS Al Anfal 8 ayat 2-4. Bagaimana mereka mengimplementasikannya nanti. Pasangan iman adalah dengan kebaikan, amal soleh, tawaqal, jihad, dan takwa. Selain itu, orang yang beriman akan mendapat ujian,” katanya

Dia mengungkapkan, Allah SWT akan memberikan hadiah bagi orang yang beriman yakni tentram dan bahagia, dijaga, kehidupan yang layak, ditolong Allah, mendapat petunjuk, Allah menjadi pelindung, diperbaiki dan jadi penguasa.

“Syarat iman diterima adalah harus ada ilmunya, tidak ragu, iklas karena Allah, dan merima Islam dengan Kaffah. Sedangkan yang menjadi penyebab turunnya iman adalah membantah, tidak mengaji, maksiat menyuruh orang berbuat buruk dan hawa nafsu. Yang mengikuti kegiatan hari ini, Insya Allah, akan merubah hidupnya,” katanya.

Ustadz Imron menerangkan, di buku ini juga dijelaskan kalau orang yang beriman akan menjadi penguasa. Seperti apa penguasa itu nanti ada uraiannya dia berniaga karena Allah. Kemudian Allah memfasilitasi tempat, akan didatangkan kerabat, dapat Rahmad Allah, mendapat wasilah dan meninggal secara Husnul Khatimah.

Dia menjelaskan, faktor bertambahnya iman yakni dengan mempelajari Alquran, mentadaburi Alquran, mengamalkan, belajar ilmu, dan berteman dengan orang yang soleh.

“Orang yang beriman juga mempunyai prinsip yakni menerima nasehat, tidak mau mencelah, menjaga pandangan, tidak makan harta batik, tidak iri dan tidak merasa tinggi. Orang beriman itu ucapannya baik. Tingkatkan kualitas iman maka Allah memperbaiki kualitas hidupmu,” pungkasnya.

Reporter: Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button