NASIONAL

Pekerja Migran Indonesia Yakin: Ganjar-Mahfud Menang di Saudi Arabia

BritaBrita.com, JEDDAH – Pencoblosan suara Pemilu 2024 di Indonesia akan dilaksanakan pada hari Rabu 14 Februari 2024, namun untuk di luar negeri, telah digelar di beberapa negara.

Di Saudi Arabia yang memiliki sekitar 85.286 pemilih, pemungutan suara digelar oleh “PPLN” (Panitia Pemilihan Luar Negeri) Jeddah dan Riyadh pada hari Jumat 9 Februari 2024 di 11 kota. Sedangkan di 11 kota lainnya telah melakukan pemungutan suara pada tanggal 5 dan 6 Februari lalu.

Tentunya menarik untuk mengetahui suasana jalannya pencoblosan suara di Saudi Arabia, termasuk untuk mendapatkan gambaran sekilas tentang preferensi, harapan dan komentar para pemilih di Saudi Arabia.

Pemilih Anies-Muhaimin: ‘Tertarik Visi Misi Perubahan’

Muhammad Anam yang memberikan suaranya pada paslon “AMIN” di KSK No.6 di Hotel Thayeb, Makkah, mengatakan dirinya mendukung pasangan AMIN dikarenakan visi misi nya yang mengusung perubahan.

Rofik Hidayat, yang mencoblos di KSK No.013 di Kantor Teknis Urusan Haji Madinah mengatakan mendukung paslon “AMIN” karena keluarganya merupakan anggota PKB, parpol pendukung paslon nomor urut satu.

Pemilih “Prabowo-Gibran”: ‘Suka Prabowo Gemoy

Dari sejumlah pemilih yang ditanya di KSK No 6 di kota Makkah ternyata hanya ada 1 orang pemilih yang menyatakan dirinya mencoblos paslon Prabowo-Gibran. Neneng Suryati, pemilih paslon nomor urut dua mengatakan bahwa pilihannya pada Prabowo-Gibran karena suka melihat Prabowo gemoy.

Pemilih “Ganjar-Mahfud”: ‘Yakin Ganjar-Mahfud Menang’

Pemilih yang menjatuhkan pilihannya pada paslon Ganjar-Mahfud tersebar di berbagai TPS dan KSK, misalnya di TPS No.4 di kota Riyadh, TPS No.2 di kota Jeddah, KSK No.11 di kota Makkah.

Tukiyo, pekerja migran asal Cilacap yang mencoblos di KSK No.11 kota Makkah mengatakan dirinya memilih ‘GAMA’, Ganjar-Mahfud dan yakin Ganjar-Mahfud menang satu putaran.

Triyanti, pemilih di TPS No.2 kota Jeddah, mengatakan dirinya memilih Ganjar-Mahfud karena memiliki program yang bagus khususnya menyangkut nasib Pekerja Migran Indonesia, “Ganjar-Mahfud menang menang, menang”, ujar Triyanti.

Togi Mabertinus, pemilih di TPS No.3 kota Riyadh, mengatakan memilih pasangan nomor urut tiga karena menilai Ganjar Pranowo merupakan sosok yang merakyat, Mahfud MD sosok yang tegas terhadap koruptor, dan keduanya paling layak meneruskan pemerintahan Pak Jokowi.

Ahmad Baidowi, pemilih di KSK 18 kota Ta’if mengatakan, Pekerja Migran Indonesia di Saudi banyak yang pilih Ganjar-Mahfud dan yakin Ganjar-Mahfud menang. Keyakinan serupa juga disuarakan oleh Faisol, PMI asal Pamekasan yang mengatakan 100% yakin Ganjar-Mahfud menang.

Karyo, PMI asal Salatiga menyampaikan harapannya pada Ganjar-Mahfud, “Indonesia tambah maju, anak-anak bisa sekolah, internet gratis, sekolah gratis, mantap Pak Ganjar-Mahfud”, ujar Karyo usai melaksanakan pencoblosan.

Suara para pemilih di Saudi Arabia tersebut menggambarkan masing-masing pemilih memiliki alasan dan harapan tersendiri pada paslon pilihannya.

Yang menarik adalah mayoritas pemilih Ganjar-Mahfud di Saudi Arabia adalah pekerja migran yang memiliki keyakinan bahwa Ganjar-Mahfud akan menang pada Pilpres 2024.

Hasil Resmi Pemilu 2024

Lalu, bagaimana hasil akhir dari pemungutan suara Pemilu 2024 di Saudi Arabia? Tentunya masih harus menunggu hasil resmi yang dikeluarkan oleh KPU, karena data-data yang diperoleh dari metode ‘Exit Poll’ maupun ‘Quick Count’ bukan merupakan data ‘valid’ yang resmi untuk menentukan pemenang Pemilu 2024.

Meskipun Pemilu di Saudi Arabia dilaksanakan lebih awal, namun proses penghitungan suara akan dilakukan secara serentak mulai 14 Februari 2024. (Ren)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button