Uncategorized

Pj Bupati Muba Ingatkan Warga Waspadai Banjir dan Longsor

Britabrita.com — Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Musi Banyuasin H Sandi Fahlepi melalui Kepala BPBD Muba Pathi Riduan SE ATD MM, mengingatkan masyarakat agar selalu waspada dengan kondisi cuaca saat ini.

Sebab, meski perkiraan cuaca sudah memasuki musim kemarau, namun curah hujan tetap tinggi yang berakibat debit air sungai juga naik yang bakal berdampak terjadinya banjir dan rentan longsor terutama di bantaran sungai.

“Dalam kondisi cuaca yang ekstrem seperti ini perlu ada kewaspadaan. Untuk itu, saya ingatkan kepada semua warga Kabupaten Muba, terutama pada daerah pinggiran sungai musi yang rawan bencana alam banjir agar lebih waspada,” ujarnya.

“Terutama kepada masyarakat yang berada di bantaran sungai bila curah hujan tinggi untuk waspada dan bila perlu mencari tempat aman untuk menghindari bila terjadi longsor,”katanya.

Bila curah hujan cukup tinggi dan petir dihimbau untuk menghindari berteduh di bawah pohon atau tempat-tempat terbuka untuk menghindari sambaran petir.

Terkhusus warga Muba pengguna jasa transportasi sungai khususnya di daerah Lalan, Bayung Lincir dan Sungai Lilin bila terjadi hujan ekstrem dan lebat jangan dulu berlayar atau melakukan perjalanan menggunakan perahu, speedboat, kapal motor sungai.

Hal ini dikarenakan jarak pandang ke depan menjadi lebih singkat yang dapat mengakibatkan kecelakaan kapal di sungai.

“Bila terjadi bencana segera hubungi atau menginformasikan ke perangkat pemerintah terdekat seperti Pak RT, kades/lurah, camat atau hotline BPBD Kabupaten Muba,”bebernya.

 

Sumber : Globalplanet.news

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button