KELUARGALIFESTYLESEHAT

Apakah Ibu Hamil Boleh Berenang? Ikuti 3 Aturan Ini

BritaBrita.com, Palembang – Olahraga sangat disarankan untuk ibu yang sedang mengandung. Namun, ada beberapa jenis olahraga yang diperbolehkan atau tidak untuk ibu hamil.

Salah satu olahraga yang dianjurkan dan disarankan oleh ibu hamil untuk kehamilan adalah olahraga berenang. Hal ini dikatakan oleh dr Eko Setiawan S Pog.

Menurutnya, berenang sangat disarankan untuk ibu hamil, baik dalam kondisi usia kandungan trimester 1, 2, maupun 3.

Namun, terdapat tiga hal yang harus dilakukan ketika sedang berenang. Pertama ibu hamil harus melakukan pemanasan atau peregangan sebelum berenang dengan durasi minimal 5 menit.

Kedua, lakukan aktivitas berenang tidak boleh lebih dari 30 menit. Hal tersebut dilakukan agar suhu tubuh pada ibu hamil tidak turun menjadi Hipotermi.

Hipotermi adalah dimana suatu kondisi dimana suhu tubuh turun dibawah suhu normal, hal ini dapat menyebabkan penderitanya merasa gelisah, kebingungan hingga mengalami koma dan kematian.

Kemudian, yang ketiga setelah selesai berenang. Ibu harus melakukan relaksasi seperti jalan-jalan kecil dengan waktu tiga hingga lima menit. Selanjutnya, ibu boleh duduk dan melanjutkan bersih-bersih pada tubuh seperti mandi dan beristirahat.

Berenang juga menjadi pilihan olahraga yang cocok bagi ibu hamil karena aktivitas ini diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur ibu hamil, meringankan nyeri panggul, mual-mual, dan membantu mengatasi pembengkakan pada pergelangan kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button