PALEMBANGSUMSEL

Ini Harga Hewan Kurban Idul Adha 2024 di Palembang

BritaBrita.com, Palembang – Pemerintah telah menetapkan lebaran Idul Adha 1445 H/ 2024 pada 17 Juni mendatang, artinya tinggal sekitar lima hari lagi berkurban.

Beberapa hari menuju Idul Adha ini, umat muslim sejak beberapa hari ini mulai berburu sapi ataupun kambing di beberapa peternakan dan tempat jual hewan dadakan.

Masyarakat yang ingin berkurban masih memiliki waktu yang untuk membeli sapi atau kambing dengan harga bervariasi.

Pemilik Peternakan Farm Lembu Sako, Suroyo menambahkan, bahwa di kandangnya ada 280 sapi, namun yang siap dijual untuk kurban 261 sapi dan sudah terjual 210 sapi.

“Untuk harganya Rp 16 juta sampai Rp 50-an juta, yang paling banyak diminati di harga Rp18 juta hingga Rp20 juta. Untuk jenisnya ada sapi Bali, Madura, Limosin dan sapi lokal,” katanya.

Selain itu, salah seorang penjual hewan kurban di Demang Lebar Daun, Rahman mengatakan, Sapi dibanderol Rp15-20 juta per ekor. Kambing Rp2,5-3 juta per ekor.

“Harga ini tergantung besar kecilnya hewan kurban, yang lebih besar lagi lebih tinggi harganya bisa lebih dari Rp25 juta jika besar,” katanya.

Adapun jenis sapi yang diperdagangkan sebagai hewan kurban seperti Sapi Limosin, Sapi Simental, Sapi Brahma, Sapi Bali dan Sapi lokal.

Sementara jenis kambing yang diperdagangkan yakni Kambing Etawa, Kambing Lokal dan Kambing PE.

“Biasanya banjir pesanan itu H-2 Idul Adha, sekarang sudah lebih 20 ekor sapi dipesan,” katanya.

Sementara itu, bagi yang tidak mau repot mengurus hewan kurbannya bisa DP terlebih dahulu, gratis biaya
perawatan, H-1 hewannya pun diantar ke rumah.

Rahman menjamin semua hewan kurban jualannya sehat. “Karena dari pakan kami pilih yang berkualitas, kandang juga dibersihkan setiap hari, jadi insya Allah hewan kurban kami terjamin,” katanya.

Reporter: Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button