PALEMBANGSYARIAH

Toko Oleh-oleh Haji dan Umrah Sepi Pembeli

BritaBrita.com,Palembang-Pembatakan haji dan umrah tahun 2020 akibat Covid-19 berdampak pada merosotnya penjualan oleh-oleh dan perlengkapan haji dan umrah.

Bahkan berdasarkan pantauan wartawan, Minggu (7/6/2020), saat ini yang datang ke toko penyedia oleh-oleh dan perlengkapan haji dan umrah hanya pelanggan biasa.

Owner Butik Arofah, Nia mengatakan bahwa sudah sejak 20 tahun toko tersebut menjual oleh-oleh haji dan umrah. Kondisi pandemi saat ini dimana tidak adanya keberangkatan jemaah haji, membuat sejumlah pelanggan membatalkan pesanan.

“Sebelumnya ada pelanggan yang sudah pesan, karena tidak jadi berangkat jadinya di-cancel (tunda). Ada sekitar 20 pelanggan membatalkan pemesanan oleh-oleh,” katanya, Minggu (7/6/2020).

Nia mengatakan, biasanya pelanggan memesan paket oleh-oleh dengan isian kacang, kismis, kurma dan air zamzam. Pelanggan yang memesan pun dari berbagai daerah selain Palembang seperti Pagar Alam juga Prabumulih.

Lihat Juga  Mapala UIN Raden Fatah Ingin Kibarkan Bendera Besar di Gunung Leuser pada Hari Kemerdekaan RI

“Melihat seperti tahun-tahun lalu, dalam sehari kita jual 1.000 kotak paket oleh-oleh, sekarang satupun tidak keluar,” katanya.

Toko Arofah menjual perlengkapan salat, baju muslim anak dan dewasa juga perlengkapan haji/ umroh. Seperti kain ikhram Rp70.000, kaos, gamis cowok cewek mulai Rp30.000, satu set gamis berisi sarung tangan, kantong batu dan jilbab panjang mulai Rp100.000. Ada juga kurma mulai dari 20.000/kg – Rp200.000/kg.

“Penjualan merosot sampai 80 persen. Sekarang yang datang hanya yang cari kurma ataupun baju muslim,” katanya.

Nia berharap semoga pandemi Covid-19 segera berlalu dan perekonomian bangkit kembali. Dengan hilangnya masa pandemi ini, memberikan harapan untuk kembali dibukanya ibadah haji dan umroh.

Lihat Juga  Jamaah Masjid Agung Terkesima Pembacaan Ayat Suci Alquran oleh Qori Internasional Mesir Syekh Mahmood Shahat

Reporter : Kamayel Ar-Razi

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close