PALEMBANGSUMSEL

7.319 Tenaga Kesehatan di Sumsel Batal Divaksin

BritaBrita.com, Palembang– 7.319 tenaga kesehatan (nakes) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) batal divaksin. Pasalnya, mereka tidak memenuhi persyaratan setelah dilakukan pemeriksaan.

Kepala Seksi Survei dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumsel, Yusri mengatakan dari 48.711 nakes yang bersedia divaksin ternyata 7.319 nakes tak memenuhi persyaratan sehingga batal divaksin. “7.319 nakes yang tidak divaksin itu karena memiliki penyakit penyerta yang dapat berisiko tinggi terhadap kesehatannya,” ujar Yusri di Palembang, Kamis (4/2/2021).

Kepala Seksi Survei dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumsel, Yusri

Yusri menjelaskan, untuk nakes Provinsi Sumsel yang sudah dilakukan Vaksinasi covid-19 saat ini sebanyak 16.776 orang.

“Di Sumsel terdapat juga 2.353 nakes yang ditunda untuk penyuntikan vaksin Covid-19. Untuk nakes yang ditunda ini harus dijadwalkan ulang oleh petugas vaksinasi. Mereka ditunda karena ketika akan divaksin kondisi kesehatannya tidak memungkinkan,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, untuk saat ini proses penyuntikan vaksin sudah berjalan 34,44 persen di 16 Kabupaten dan Kota di Sumsel. Sedangkan satu Kabupaten yakni Empat Lawang yang belum melakukan vaksin karena baru direncanakan akan dimulai hari Kamis, (4/2/2021).

“Masih rendahnya angka pemberian vaksin untuk nakes ini karena belum meratanya pemberian vaksin ke seluruh daerah di Provinsi Sumsel,” ungkapnya.

Yusri menambahkan, Provinsi Sumsel telah mendapatkan jatah vaksin Covid-19 Sinovac berjumlah 100.200 dosis. Saat ini semua vaksin dan telah didistribusikan ke 17 Kabupaten dan Kota.

“Kami berharap kabupaten dan kota segera menyelesaikan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan. Sehingga nantinya pemberian vaksinasi ini juga bisa diberikan kepada masyarakat,” katanya

Reporter : Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button