KALAMSYARIAH

Ajak Anak Salat dan Berdoa, Orangtua Harus Jadi Tauladan

BritaBrita.com,Palembang – Dalam mengajarkan sesuatu kepada anak-anak, orangtua harus mengerti bagaimana cara agar anak tidak berperilaku buruk.

Anak-anak memiliki tipe pengajaran berupa modeling (contoh), Psikolog Anak, Syarifah mengatakan anak-anak lebih condong mencontohkan dan melihat orang dewasa di sekitarnya misalnya orang tua.

“Contohnya, anak anak mencontoh dari sikap orangtua yang selesai salat langsung buru – buru yang tidak sempat membaca doa lagi atau melihat orangtua yang setiap hari salat dan berdoa selesainya,”katanya.

Kemudian, pengenalan dengan bahasa asing (misalnya Bahasa Arab) juga harus dibiasakan dan dikenalkan kepada anak agar menjadi terbiasa.

Ia mengatakan, Ada cara agar mendidik anak lebih khusyuk belajar berdoa setelah salat. Ajaklah anak melakukan hal tersebut pada waktu yang bukan free time anak atau bukan pada waktu tidur atau waktu main anak.

Lihat Juga  Masya Allah! Ornamen Masjid Baru At Thoriq Mardhotillah Mirip Masjid Imam Syafei di Madinah

“Kita buat jadwal terlebih dahulu untuk anak, lalu orangtua ajarkan dasar dasar pengenalan salat dan berdoa usai salat, juga ajarkan untuk segera lakukan salat ketika adzan berkumandang. Namun, dengan berjalannya pengajaran, sebagai orangtua juga harus melakukan hal baik agar anak dapat mencontoh dari orangtuanya,”katanya.

Reporter : Tri Jumartini

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close