OLAHRAGAPALEMBANGSUMSEL

ASEAN Para Games Kembali Ditunda, Atlet Asal Sumsel Dipulangkan

BritaBrita.com,Palembang-Otoritas Filipina resmi menunda perhelatan akbar pesta olahraga atlet disabilitas terbesar Asia Tenggara yakni ASEAN Para Games (APG) 2020.

Penundaan tersebut sebagai dampak penyakit dari coronavirus disease atau Covid-19 yang telah ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) sebagai Global Pandemi.

Imbasnya, semua atlet yang menghuni Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) di Solo Provinsi Jawa Tengah terpaksa dipulangkan ke daerah masing-masing, termasuk dari Sumatera Selatan (Sumsel).

Jendy Pangabean, atlet kebanggaan Indonesia yang telah lama memperkuat Merah Putih dan merupakan atlet putra daerah Sumsel membenarkan hal tersebut.

“Akhir Maret ini kita diminta pulang ke daerah masing-masing. Suratnya pemulangan sudah kita terima dari NPCI (National Paralympic Committee Indonesia).” ujarnya, Kamis (2/4/2020).

Lihat Juga  Gubernur Pastikan Tiket Nonton MXGP Terjangkau Masyarakat

Atlet yang berhasil meraih lima medali emas di ASEAN Para Games Singapura 2015 lalu ini mengatakan, bahwa pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara ini sudah beberapa kali mengalami penundaan.

Awalnya Januari lalu, kemudian berlanjut bulan Mei dan dijadwalkan kembali bulan Oktober 2020. Jadwal terakhir tersebut telah dilayangkan oleh otoritas Filipina ke Indonesia melalui Kemenpora RI.

“Agustus kita diminta kembali ke Pelatnas untuk persiapan. Semoga tidak ada penundaan lagi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua NPCI Sumsel Ryan Yohwari mengatakan bahwa ada sebanyak 12 atlet disabilitas Sumsel dan satu pelatih yang latihan di Pelatnas Solo.

“Sementara ini atlet dipulangkan karena agenda ASEAN Para Games ditunda. Kita memaklumi dengan kondisi saat ini. Kita berharap virus corona ini segera berakhir dan sejumlah kompetisi bisa terus dilanjutkan,” ujarnya.

Lihat Juga  Total 105 Orang, Kecamatan Kalidoni Palembang Terbanyak Positif Covid-19. Ini Datanya

Reporter : Sugi

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close