LIFESTYLEPALEMBANGSUMSEL

Asyiknya Menanam dan Membentuk Bonsai Kelapa di Rumah

BritaBrita.com,Palembang – Menanam bonsai menjadi salah satu kegemaran banyak orang, salah satunya bonsai kelapa. Bonsai kelapa adalah pengerdilan kelapa secara sengaja dengan tujuan seni.

Bonsai kelapa dibuat dengan tujuan pengerdilan untuk seni dikerjakan dengan bertahap sesuai dengan rasa seni pembuatnya.

Asep, penggemar bonsai kelapa berbagi pengalaman dan tips dalam menanam Bonsai Kelapa.

Menurutnya, membuat dan membentuk bonsai kelapa dilakukan dengan memperhatikan berbagai faktor. Mulai dari pemilihan bibit kelapa, media tanam, tehnik pembentukan serta perawatannya.

Walaupun Asep tergolong pemula karena baru belajar 6 bulan namun ia terus menggiati pembuatan bonsai kelapa dengan mempraktekkan baik tehnik maupun tips yang dibahas pada media peminat bonsai kelapa.

“Menanam bonsai itu seni, membuat bonsai kelapa itu lebih banyak sukanya dari pada duka. Tiap tahapan yang dilalui baik membentuk maupun merawat bonsai kelapa sangat menarik terlebih lagi melihat progres perkembangan pertumbuhan bonsai kelapa kita,”katanya, Kamis (24/9/2020) saat dijumpai di kediamannya.

Lihat Juga  Disdik : Masa Pandemi, Siswa SMP Lulus Semua

Hal pertama di lakukan dalam membuat bonsai kelapa yaitu harus memperhatikan media tanam bonsai kelapa, apakah mau menggunakan air atau menggunakan tanah (pasir, sekam, dan sedikit pupuk kandang).

Kedua, menurut pengalamannya, pada saat perawatan dari pengalamannya Bonsai Kelapa sangat membutuhkan air dan sinar matahari maka penyiraman harus sering dilakukan dan penempatan bonsai kelapa di tempat yang terkena sinar matahari.

Ketiga, dalam proses pemupukan, juga harus dilakukan serta memperhatikan apabila bonsai kelapa terserang hama seperti ulat dan kutu putih maka perlu penyemprotan pestisida (kalau bisa gunakan yang alami).

Keempat, dibutuhkan kesabaran karena membuat bonsai kelapa itu tidaklah instan perlu proses panjang untuk mendapatkan bonsai kelapa yang di nginkan.

Dan terakhir, harus selalu belajar dan mencari pengalaman dengan banyak berdiskusi dan share pengalaman kepada komunitas sehingga mendapatkan input untuk menciptakan bonsai kelapa yang sehat dan cantik.

Lihat Juga  Langgar Prokes, Kalangan Menengah Lebih Pilih Bayar Denda

Proses bonsai kelapa menurutnya tidak sama dengan bonsai anting putri atau kimeng. Dalam waktu kurang lebih 6 bulan untuk pemula sudah bisa menikmati walaupun seindah bonsai kelapa yang berumur 2 tahun.

Dalam menanam bonsai kelapa harus diperhatikan ketika memotong pelepah bonsai kelapa sehingga tidak kebablasan menyebabkan terpotongnya tunas baru bonsai kelapa sehingga harus mengulang dari awal. Saat ini, dalam waktu 6 bulan mulai dari program hingga yang sudah di display, Asef sudah menghasilkan 50 Bonsai Kelapa.

Bagi pecinta Bonsai Kelapa dapat mampir di Channel Youtube dan facebook “bonsai kelapa asef sumsel” atau langsung mengunjungi kediaman yang berlokasi di RT 43 Sukamoro Talang Kelapa Banyuasin.

Reporter : Tri Jumartini Ilyas

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close