LIFESTYLEPALEMBANGSUMSEL

Begini Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak

BritaBrita.com,Palembang – Peran utama seorang ayah dalam rumsah tangga mampu menjadi role model atau panutan bagi keluarga.

Sebab, menurut dokter anak, dr. Salma Kamaruddin, SpA, M. Kes ada satu penelitian yang menyebutkan jika seorang ayah berperan dalam parenting pengasuhan anak. Dampaknya lebih tinggi bagi perkembangan kognitif anak, kecerdasan, rasa percaya diri dan semangat untuk meraih prestasi lebih tinggi dibanding pola pengasuhan yang dititikberatkan hanya kepada seorang ibu.

“Selain nutrisi menunjang kecerdasan anak, tetap diperlukan stimulasi untuk merangsang kecerdasan anak. Ayah dan ibu perlunya kerjasama, si ibu berikan nutrisi dan si ayah mengolah menjadi stimulasi yang baik. Stimulasi dimulai sejak lahir, seperti contoh ayah membaca dongeng agar si anak memiliki sensasi yang berbeda dibanding dongeng ibu, karena lelaki memiliki pola pikir luas rasional dari pada perempuan yang memiliki perasa,”katanya, saat diwawancarai, Kamis (7/10/2021).

Lihat Juga  PT KAI Bolehkan Penumpang Berbuka Puasa di Dalam LRT

Menurutnya, Interaksi ayah dan anak itu dimulai sejak dini, setiap tahapan dikerjakan antara kedua orangtua. Agar ayah dan anak itu juga bisa lebih dekat.

“Dalam Islam pun sudah sejak lahir peran ayah kepada anaknya, seperti suara adzan ayah di telinga anak. Si anak akan mendengar suara ayah dan melihat wajah ayahnya, hal itu membuat anak lebih dekat,”katanya.

Agar anak tidak hanya dekat kepada ibunya, seorang ayah juga harus andil dalam mengurus anak. Ikut melakukan peran bekerja sama dengan ibu, memberikan sentuhan dan kelembutan pada anak.

“Tidak ada kata terlambat untuk ayah dekat kepada anak, ayah harus memulai bagaimana caranya agar dekat kepada anak, meskipun baru memulai dekat ketika usia remaja atau dewasa,”katanya.

Lihat Juga  Usai Kebanjiran, Belajar Diganti Bersih-Bersih

Reporter : Tri Jumartini

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close