LIFESTYLEPALEMBANGSUMSEL

Berawal Dari Hobi, Andre Salim Buka Penangkaran Kura-kura Sulcata

BritaBrita.com,Palembang-Berawal dari hobi atau pencinta hewan, membuat Andre Salim berpikir ingin membuka usaha penangkaran. Hal ini diwujudkannya dengan membuka penangkaran kura-kura yang diberi nama Nyandu Torto Turtle Farm yang berada di Jalan R Sukamto, Lorong Pancasari Palembang.

“Sudah sejak setahun lalu saya membuka penangkaran kura-kura ini,” katanya,Senin (29/3/2021).

Awalnya ia hanya membeli sepasang kura-kura jenis Sulcata asal Afrika yang diimpor. Namun karena adanya pandemi mengharuskanya membeli di Indonesia.

“Awalnya setengah tahun pertama belum menghasilkan, namun kini sudah bisa dijual. Untuk kura-kura ini dilihat dari diameternya, jadi dijualnya juga berdasarkan ukuran diameter,” ujar Andre

Andre mengungkapkan, kalau yang besar mahal, jadi bisanya dijual yang anakan. untuk kura-kura yang dijual berupa anakan yang berdiamter 5 cm. Harganya Rp 1,3 juta, namun kalau beli banyak bisa kurang.

Lihat Juga  Massa Geruduk Kantor Gubernur Sumsel, Protes Tak Ada Kenaikan Upah Minimum Provinsi

“Kura-kura jenis Sulcata ini di sini ada yang paling besar diameter 67 cm. Yang nawar ada cuma yang berani beli belum ada, karena memang kalau sudah besar harganya cukup mahal,” ungkapnya

Dijelaskannya, dalam sebulan ia bisa menjual puluhan anak kura-kura jenis Sulcata ini. Bahkan kini untuk order harus indent atau menunggu lantaran sudah banyak yang pesan.

“Kura-kura jenis Sulcata ini makannya sayuran atau rumput, untuk sayuran seperti kangkung, sawi, wortel dan lain-lain. Sehari cukup sekali makan. Untuk perawatan kura-kura jenis Sulcata ini gampang-gampang susah. Gampangnya karena makannya cukup sayuran atau rumput, susahnya kalau saat hibernasi. Kalau cuaca dingin dia suka hibernasi, nah kondisi ini membutuhkan perhatian khusus. Sebab saat hibernasi ia nggak
mau makan, lalu suhu harus dijaga di 35 derajat,” jelas Andre

Lihat Juga  Pemkot Palembang Siapkan Film Pendek Penanganan Covid-19

Andre menambahkan, bahwa untuk satu kura-kura sekali bertelur bisa 10-27 telur. Untuk menjaganya agar menetas dengan baik diletakkan di inkubator.

“Bagi masyarakat yang ini melihat kura-kura jenis Sulcata ini bisa datang ke Nyandu Cafe and Turtle Farm. Dibuka setiap Jumat – Minggu dan hari libur, mulai pukul 13.00 hingga 17.00 WIB dan ini gratis namun kalau untuk memberi makan kura-kuranya barulah dikenakan biaya untuk membeli makanan yang sudah kita sediakan. Kalau ada yang mau beli bisa dipesan terlebih dahulu,” katanya.

Reporter : Maulana

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close