BISNISSUMSELWISATA

Minat Kopi Sumsel, PPI Akan Ekspor 500 Ton

BritaBrita.com,Palembang -PT Perusahaan Perdagangan Indonesia(PPI) Persero akan mengekspor sebanyak 500 ton Kopi asal Sumatera Selatan (Sumsel).

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Direksi PPI, Ahmad Yami Harsah setelah pembukaan Musi Coffee Culture 2019 di Pelantaran Jacobson Van Den Berg Palembang, Jum’at (5/4/2019).

Ahmad Yami Harsah

Menurutnya, 2019 ini, 3-4 Juta ton Kopi ke negara tujuan ekspor yaitu Taiwan, China, Mesir dan Inter Afrika. Kopi yang banyak di kenal di kalangan luar merupakan kopi Jawa, contohnya Kopi Garut dan Kopi Ciwidey.

“Sumsel akan mengekspor sebanyak 500 ton Kopi di bulan Mei, Juni, Juli”, kata pemilik dan pengelola Gedung Jacobson Van Den Berg ini.

PPI juga mencoba untuk meng-explore kopi yang ada di Sumsel. Juga perlu meningkatkan kopi pasca panen, sehingga dapat menghasilkan kualitas kopi premium.

“Pemeliharaan penanaman kopi pasca panen dilakukan bertahap dan perlunya kerjasama agar meningkatkan kualitas kopi sampai tahap kopi premium. Tahun ini kita akan konsen bagaimana kopi Sumsel makin berkualitas,” ujarnya.

Lihat Juga  Ancam Ikan Asli Sumsel, 37 Ikan jenis Aligator Dimusnahkan

M. Asmawi, Perwakilan Petani OKU Selatan mengatakan perhatian dan kepedulian dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) sangat dibutuhkan bagi petani.

“Saya hanya butuh 10% support Pemprov kepada petani seperti sering diadakannya edukasi pengetahuan seputar kualitas kopi bagaimana. Menyediakan proses peralatan yang kompeten agar kualitas kopi pasca panen berkualitas premium. Dan kami terkendala tidak adanya alat tersebut,” katanya.

Ia menambahkan, jika ingin mengenalkan kopi Sumsel hingga berkualitas premium, Pemprov harus benar benar serius untuk peduli terhadap kesejahteraan petani.

Kenalkan Kopi Sumsel di Musi Coffee Culture 2019

Dalam kesempatan itu, Panitia Musi Coffee Culture 2019 membangkitkan motivasi agar masyarakat lokal maupun Internasional mengenal kopi Sumsel.

Lihat Juga  Dinas Pendidikan Ancam Cabut Izin SMA Taruna Indonesia Palembang

Ketua pelaksana kegiatan, Iyan Muhazan, mengatakan kegiatan berlangsung dari 5 hingga 6 april 2019 dengan berbagai macam kegiatan.

Sementara, Kepala DinasĀ  Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan, Pemerintah mendukung acara ini. Terkhusus digelar di kawasan kota tua sekanak dan sekaligus mendukung gedung Jacobson Van Den Berg menjadi bangunan destinasi wisata.

“Pengelola bertekad gedung ini akan dijadikan bangunan destinasi wisata dalam bentuk Museum Kopi ,Cafe, berbagai Souvenir. Seiring itu juga gedung akan segera diperbaiki,” ujarnya.

Posisi strategis menjadi daya tarik tersendiri, pasalnya posisi gedung berada di sekitaran sungai sekanak besolek, kawasan destinasi utama pemerintah untuk memperluas kawasan sekanak dalam bentuk kegiatan restorasi sungai sekanak sampai lambidaro di Gandus. Sehingga hal itu bisa menarik perhatian wisatawan lokal maupun luar untuk datang ke Palembang.

Reporter Tri Jumartini Ilyas

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close