KALAMSYARIAH

Enam Hal yang Mesti Dipahami Jika Ingin Menjadi Pendakwah

BritaBrita.com,Palembang –Seorang da’i atau pendakwah harus benar-benar memiliki hubungan akhlak dengan iman dalam Islam yang memadai serta ilmu dan pengetahuan tentang Islam dengan baik. Sebab dari penjelasan seorang da’i, orang-orang yang mendengarkan dakwah tersebut akan melihat bahwa Islam adalah indah, mudah tapi tidak dimudahkan serta ringan tapi tidak diringankan.Ustadz Ahmad Syafery mengatakan dalam berdakwah tentunya harus memahami beberapa hal yaitu:

Pertama : Seorang pendakwah harus memiliki ilmu

Hal pertama yang dilakukan ketika hendak berdakwah yaitu berilmu. Jika pendakwah tidak memiliki ilmu ibarat menuangkan gelas kosong kedalam gelas lainnya, yang akan disampaikan jika tidak berilmu hanya nafsu saja.
“Maka, para calon dai atau daiah, aktivis pemuda islam dan penggerak dakwah hendaklah ia belajar hal-hal yang berkaitan dengan syariah dan hukum-hukum ibadah dan tidak bosan belajar ilmu agama yang sangat luas ini,”katanya

Kedua : Memahami Ilmu Al Qur’an

Selanjutnya, ilmu Al-Quran juga harus bisa dibawakan dan memahami serta mengerti oleh pendakwah, bacaan Qur’an pendakwah merupakan etallase bagi pendakwah yang tampil didepan orang. Cara pelafalan dan ilmu tajwid harus diperhatikan

Ketiga : Menyampaikannya dengan cara santun

Lihat Juga  Kecamatan Alang-Alang Lebar Jadi Juara Umum MTQ Kota Palembang 2020

Ketika menyampaikan dakwah atau nasihat kepada orang lain, sudah seharusnya kita dapat menyampaikannya dakwah tersebut dengan santun. Allah berfirman : “Maka rahmat dari Allah lah kamu harus berlaku lemah lembut. Jika kamu berlaku keras dan kasar, maka mereka akan menjauhkan diri dari sekelilingmu” (Q.S Ali Imron/3:159)

Dari ayat tersebut sudah dipertegas bahwa jangan sekali-kali bersikap kasar, sok tau, sok pintar atau merasa paling pintar saat sedang menyampaikan nasihat. Pendengar bukan malah tertarik atau bersimpati dengan apa yang kita sampaikan, malah mereka akan enggan memperhatikan apa yang kita sampaikan.

Keempat : Pendakwah Harus Memiliki Akhlak yang Baik.

Akhlak diantaranya adalah menyatunya antara perbuatan dengan perkataan. Apa yang dikatakan daai (baik) maka perbuatannya juga haruslah baik agar tidak mengecewakan objek dakwahnya.
Pendakwah juga harus memperhatikan penampilan menarik dan sopan. Sesungguhnya Allah itu indah dan senang dengan keindahan. Bila seseorang diantara kamu (bermaksud) menemui kawan-kawannya hendaklah dia merapikan dirinya. (HR Muslim).
“Seorang daai tidak boleh marah jika ia dianggap berbeda, misalnya seorang daai mengangkat kaki diatas kursi maka akan dapat cibiran, akan tetapi jika orang lain melakukan itu biasa saja. Da Mempertanggung jawabkan perkataan merupakan salah satu dari akhlak juga,”kata Ustadz Fery

Lihat Juga  Aa Gym Bongkar Lima Jurus Meraih Kebahagiaan

Kelima : Publik Speeking Yang Baik

Public speeking yang baik menjadi pendamping penting ketika berdakwah, Salah satu untuk menarik objek dakwah mendengar daai. Public speaking adalah salah satu bentuk komunikasi kepada publik untuk menyampaikan informasi, mempengaruhi orang lain, maupun sebagai kebutuhan hiburan. Kemampuan ini juga sangat bermanfaat untuk kebutuhan dakwah.

Keenam : Menjadi contoh yang baik

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah bagaimana cara pendakwah menjadi contoh yang baik bagi masyarakat. Bagaimana kita bisa menasehati seseorang sedangkan kita tidak bisa menjadi contoh yang baik bagi sesama? Sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW melalui kisah teladan nabi muhammad SAW, beliau selalu memberikan keteladanan bagi objek dakwahnya. Tak hanya keteladanan akan bagaimana cara beliau dalam beribadah, tetapi bagaimana cara beliau memuliakan tamu, berbuat baik kepada sesama muslim, cara menjadi anak baik, suami yang baik, saudara yang baik serta pemimpin yang baik pula.

Reporter : Tri Jumartini

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close